Tingkatkan Motivasi Belajar, Mahasiswa KKNT UNNES Adakan Game Based Learning dengan "Tangga Ceria" -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Tingkatkan Motivasi Belajar, Mahasiswa KKNT UNNES Adakan Game Based Learning dengan "Tangga Ceria"

, 4/13/2023 08:00:00 AM

Mahasiswa KKNT UNNES Mengadakan Bimbingan Motivasi di Desa Batursari Mranggen


Vnn.co.id, Kabupaten Demak - Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) Jurusan Bimbingan dan Konseling yang sedang melaksanakan KKNT (kuliah kerja nyata tematik) atau yang disebut membangun desa di Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak mengadakan Bimbingan Motivasi "Tangga Ceria" kepada siswa SD.


KKNT merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa. 


Salah satu program KKNT yang dilaksanakan oleh Tim Mahasiswa UNNES di Desa Batursari yaitu Bimbingan Motivasi. "Kegiatan ini merupakan realisasi salah satu program kerja kami, mahasiswa KKNT 1 di Desa Batursari, yang dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa berdasarkan hasil wawancara dengan pihak sekolah", papar Farah Aida salah satu mahasiswa KKNT di Desa Batursari (6/4).


Bimbingan motivasi belajar siswa diikuti oleh sejumlah 54 siswa yang dibagi dalam tiga kelas, yaitu 23 siswa di kelas 1, 20 siswa di kelas 2, dan 11 siswa di kelas 3. Bimbingan Motivasi dimulai pada pukul 16.30 dan berakhir di pukul 17.00. Siswa antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut meskipun dilaksanakan dalam waktu yang singkat.


Bimbingan motivasi belajar dilakukan dengan menggunakan metode Game Based Learning dengan menerapkan permainan "Tangga Ceria". Game Based Learning merupakan metode belajar yang dirancang dengan menggunakan permainan atau game untuk membantu proses pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif. Pemilihan metode ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwasanya bahwa anak-anak cenderung lebih suka bermain dibanding belajar. Dalam realisasinya, permainan yang digunakan yaitu dengan permainan "Tangga Ceria" yang dikembangkan dari permainan ular tangga. 


Permainan "Tangga Ceria" ini dimainkan selayaknya permainan ular tangga. "Permainan ini dimainkan seperti memainkan ular tangga pada umumnya, hanya saja siswa yang beruntung nantinya akan memperoleh kartu tantangan dan motivasi di beberapa titik", imbuh Farah Aida.


Setiap kelas dibagi dalam 3 tim untuk bermain secara bergilir. Setelah permainan berakhir, siswa juga akan diberikan to do list mingguan untuk memantau perkembangan belajar siswa.


“Percaya diri adalah rahasia nomor satu dari kesuksesan! Yeay.. Aku akan jadi orang sukses”, ungkap salah satu siswa setelah mendapatkan stiker motivasi. 


Siswa tampak lebih bersemangat dan senang setelah mendapatkan stiker tersebut. Diharapkan dengan stiker motivasi tersebut bukan hanya memberikan semangat & kebahagiaan di awal tetapi secara berkelanjutan.


Adanya kegiatan bimbingan motivasi selain menyenangkan, siswa juga dapat termotivasi dalam belajar dengan diberikannya beberapa tantangan, to do list mingguan, dan stiker motivasi.



Redaksi dan jurnalis: Ahmad

TerPopuler

close