Tiga Ruas Jalan Tol Segera Dibangun di Bogor, Pemkab Bogor Siap Sukeskan Pembebasan Lahan -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Tiga Ruas Jalan Tol Segera Dibangun di Bogor, Pemkab Bogor Siap Sukeskan Pembebasan Lahan

, 4/03/2023 11:30:00 AM



Vnn.co.id, Kabupaten Bogor - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR berencana membangun tiga ruas jalan tol baru di wilayah Bogor.


Tiga ruas jalan tol itu terdiri dari Sentul Selatan-Karawang Barat, Bogor-Serpong via Parung dan Caringin-Puncak-Cianjur.


Jalan tol Sentul Selatan-Karawang Barat yang memiliki panjang 61,50 km dengan nilai mencapai Rp 15,37 triliun. Sedangkan Tol Bogor-Serpong via Parung dirancang sepanjang 31,12 km dengan nilai Rp 8,95 triliun. Lalu jalan tol Caringin-Puncak-Cianjur sepanjang 51,8 km akan menelan biaya hingga Rp 24,37 triliun.


Pemerintah Kabupaten Bogor mengaku siap menyukseskan tiga proyek strategis nasional (PSN) ini.


"Kalau jalan tol ini nanti dibangun, pasti akan dibentuk tim pembebasan lahan. Kita siap terlibat dalam upaya pembebasan lahan ini," kata Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Suryanto Putra, Jumat (31/3/2023).


Terkait dampak pembangunan jalan tol ini, dia mengungkapkan bahwa nanti ada feasibility study (FS).

"Dalan dokumen FS itu nanti terlihat dampak positif dan negatif sehingga akan keluar beberapa alternatif rencana pembangunan," ujarnya.


Suryanto menjelaskan pemerintah pasti akan memilih rute yang paling efisien dari sisi ekonomi, lingkungan dan berbagai aspek lainnya.


"Tol Caringin-Puncak-Cianjur sepertinya baru akan dilakukan FS. Ruas tol ini sedang dikaji karena nanti bersinggungan dengan gaman nasional," tuturnya.


Sementara ruas tol Sentul Selatan-Karawang Barat dan Bogor-Serpong via Parung sudah selesai tahap FS.


"Dua ruas tol ini masuk tahap lelang karena sudah masuk Perpres (Peraturan Presiden). Ini kan masuk PSN (Proyek Strategis Nasional). Nanti kita akan dilibatkan dalam pembebasan lahan," tandas Suryanto.




Redaksi

Jurnalis: Ahmad

TerPopuler

close