Cegah Kasus PMK, Dinas Pertanian Kab. Bekasi Targetkan 9.000 Ekor Ternak Divaksin -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Cegah Kasus PMK, Dinas Pertanian Kab. Bekasi Targetkan 9.000 Ekor Ternak Divaksin

, 4/10/2023 04:55:00 AM


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Untuk pencegahan dan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Bekasi, Dinas Pertanian targetkan 9.000 ekor ternak divaksin tahun ini.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Pertanian, Dwian Wahyudiharto menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan monitoring dan memaksimalkan vaksinasi hewan ternak milik warga yang ada di Kabupaten Bekasi

"Vaksinasi terus menerus kita lakukan. Satgas juga terus bergerak melaksanakan vaksinansi dan monitoring. Untuk Kabupaten Bekasi sendiri di Tahun 2023 kita menargetkan kurang lebih sekitar 9 Ribu ekor. Terdiri dari vaksin yang ketiga dan juga vaksin yang pertama. Saat ini, kita sudah mencapai 3.000 ekor," kata Dwian Wahyudiharto saat ditemui di Kantornya pada Kamis (06/04/23).

Selain itu, vaksinasi PMK ini bertujuan untuk mencegah penyebarluasan penyakit, melindungi kelompok hewan yang rentan dan mengurangi dampak ekonomi akibat penyebaran PMK dan merupakan tindakan permanen dalam mengendalikan PMK untuk memberikan kekebalan hewan ternak terhadap virus PMK.

"Temuan di Tahun 2022, hampir 19 kecamatan terdapat kasus PMK. Tapi Sekarang, dari Januari 2023 sampai pada 6 April 2023 kurang lebih hanya beberapa ekor saja dan itu dalam proses penyembuhan," terangnya.

Menurutnya, di Kabupaten Bekasi saat ini kasus PMK terus menurun dan ia juga meminta kepada peternak meningkatkan pemeliharaan terhadap ternaknya, baik itu dari pakan maupun manajemen pemeliharaan di kandang dan lingkungan.

"Kalau PMK sendiri, penanganan kasus selama ini yang kita lakukan tim yang ada bergerak baik itu untuk pengobatan maupun vaksinasi. Dan juga, kemudian kami terus melakukan sosialisasi pada masyarakat, termasuk di bulan puasa ini," sambungnya.

Red : Ramdhan

TerPopuler

close