Ribuan Hektare Sawah Terdampak Banjir, Dinas Pertanian Salurkan Bantuan Benih Padi di 14 Kecamatan -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ribuan Hektare Sawah Terdampak Banjir, Dinas Pertanian Salurkan Bantuan Benih Padi di 14 Kecamatan

, 3/29/2023 11:19:00 PM


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Dinas Pertanian menyalurkan bantuan benih Padi yang diberikan oleh Direktorat Perbenihan, Kementerian Pertanian secara bertahap kepada petani di 14 kecamatan yang terdampak banjir beberapa waktu yang lalu di Kabupaten Bekasi.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Eem Embang Lesmanasari mengungkapkan ada seluas 10.490 Hektare lahan yang terdampak banjir dan tersebar di 14 Kecamatan di Kabupaten Bekasi yang mendapatkan bantuan benih sebanyak 262.250 Kg.

"Kita sudah salurkan bantuan benih di Kecamatan Sukakarya total 25.875 Kg benih dengan lahan yang terdampak 1.035 Hektare dan diterima langsung oleh kelompok tani sesuai dengan calon petani dan calon lokasi (CPCL) yang kami miliki. Untuk kecamatan lainnya menyusul bertahap," ujarnya pada Minggu (26/03/23).

Untuk mendapat bantuan benih dari pemerintah, lanjut Kabid Tanaman Pangan, petani yang terdampak banjir tanamannya harus masuk kriteria fuso, petani aktif yang terdata dalam sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) dan divalidasi antara petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dimasing-masing wilayah yang terdampak.

"Untuk titik lokasi harus jelas sesuai dengan data pemetaan lahan pertanian berbasis spasial atau Poligon," tambahnya.

Senada Subkoordinator Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dodo Hadi Triwardoyo mengungkapkan saat ini untuk bantuan benih dari Kementan tengah berproses sesuai ketersedian benih dari penyediaannya.

"Kecamatan Sukakarya kita kirim pada Kamis (23/03), selanjutnya rencananya pada Senin (27/03) Kecamatan Cabangbungin, untuk Kecamatan Pebayuran masih nunggu konfirmasi dari penyedianya," ujarnya.

Untuk bantuan pupuk berupa Pupuk Hayati Cair (PHC) yang bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi telah menyalurkan bantuan PHC sebanyak 54.315 Liter untuk 18 kecamatan di Kabupaten Bekasi.

"Bantuan sudah selesai disalurkan di awal Maret tahun ini sesuai peruntukannya dan sudah direncanakan sebelumnya baik yang terdampak banjir maupun tidak di 18 kecamatan di Kabupaten Bekasi," imbuhnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani (Poktan) Berkah Tani, Desa Sukakarsa, Kecamatan Sukarya, Sumardi mengucapkan terima kasih atas bantuan benih yang telah diberikan Direktorat Perbenihan, Kementerian Pertanian bersama Pemkab Bekasi.

"Bibit telah sampai kepada kelompok tani dengan jumlah 2.750 Kg dengan kualitas benih sangat bagus. Terima kasih banyak kepada Direktorat Perbenihan," terangnya.

Red : Ramdhan

TerPopuler

close