Bukber dan Tarawih Bersama KKIG di Sulteng -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Bukber dan Tarawih Bersama KKIG di Sulteng

, 4/28/2022 07:49:00 PM


Vnn.co.id, Kota Palu - Kerukunan Keluarga Gorontalo Sulteng menggelar buka puasa bersama (bukber) dan sholat tarawih berjamaah di Sekretariat Kerukunan Keluarga Gorontalo, Jalan Balai Kota, Kota Gorontalo, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Rabu (27/04/22).

Ketua KKIG Provinsi Sulawesi tengah,  Ir. Syaifulla Djafar mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dilaksanakan sebagai salah satu wadah yang bisa mempersatukan warga Gorontalo yang ada di Sulawesi tengah.



"Selain momen bulan suci Ramadan, kita semua susah untuk dipertemukan seperti ini, sibuk mengurus urusan masing-masing demi kehidupan dunia," ujarnya.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemasangan lampu yang disebut Tumbilatohe. Tumbilatohe merupakan salah satu kekayaan budaya di Gorontalo yang pantas dikembangkan.

"Tradisi Tumbilatohe terus dilestarikan oleh warga Gorontalo hingga saat ini," ungkap syaifulla Djafar, di Sekretariat KKIG.



Lanjut syaifulla, Tumbilatohe adalah perayaan berupa memasang lampu di halaman rumah-rumah penduduk dan di jalan-jalan terutama jalan menuju masjid yang menandakan berakhirnya Ramadan.

Perayaan ini dilakukan pada 3 malam terakhir menjelang hari raya Idul Fitri. Pemasangan lampu dimulai sejak waktu maghrib sampai menjelang subuh.

Rep : Idham
Red : Ramdhan

TerPopuler

close