Setelah Lama Ditutup, Museum Sumpah Pemuda Sudah Buka Lhoo! Simak Harga Tiketnya -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Setelah Lama Ditutup, Museum Sumpah Pemuda Sudah Buka Lhoo! Simak Harga Tiketnya

, 3/30/2022 09:33:00 AM

Museum Sumpah Pemuda (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Jakarta – Museum Sumpah Pemuda di Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, akhirnya dibuka kembali pada Senin (21/3/2022), setelah ditutup sementara untuk revitalisasi. 

Peresmian kembali Museum Sumpah Pemuda dilakukan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Sesditjen Kebudayaan Kemendikbudristek), Drs. Fitra Arda, M.Hum. 

Fitra meresmikan Tata Pamer Tetap Museum Sumpah Pemuda, serta mengatakan bahwa museum memiliki peran penting untuk masyarakat dalam mengenal identitasnya sebagai orang Indonesia. 

Diketahui bahwa revitalisasi museum bertujuan untuk menghadirkan seluruh informasi mengenai momen sejarah Indonesia secara lebih menarik, atraktif, dinamis, dan interaktif. 

Apalagi, pada saat ini, generasi muda dinilai menyukai sesuatu yang menimbulkan kesan menyenangkan, terutama dalam menumbuhkan nasionalisme, dikutip dari Museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id, Kamis (24/3/2022). 

Bagi para pengunjung yang datang, nantinya akan disuguhkan kisah mengenai pergerakan pemuda dari masa ke masa melalui teknologi.

Salah satunya monitor interaktif yang berisi informasi umum mengenai video profil, denah, hingga time-lapse revitalisasi. 

Sementara itu, ruang utama di museum ini adalah ruang empat atau ruang Pemuda Bersatu dalam Sumpah Pemuda. Terdapat layar yang menampilkan video peristiwa saat Kongres Pemuda digelar, serta ada juga lagu "Indonesia Raya". 

Jam operasional museum ini pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB, dari Selasa sampai Minggu. 

Alamatnya ada di Jalan Kramat Raya Nomor 106, RT.2/RW.9, Kwitang, Senen, Kota Jakarta Pusat.

Tiket masuknya dibagi secara perorangan atau rombongan. Untuk perorangan bagi pengunjung dewasa tarifnya mulai dari Rp 2.000, sedangkan anak-anak mulai dari Rp 1.000, dikutip dari situs resminya. 

Kemudian, untuk rombongan dewasa tarif tiket masuknya mulai dari Rp 1.000, sedangkan anak-anak mulai dari Rp 500. Khusus untuk wisatawan mancanegara, tarif tiket masuknya mulai dari Rp 10.000.

Jurnalis : Vedha
Editor : Ramdhan

TerPopuler

close