Ko Bisa? Makam Ulama Asal Indonesia Ini Jadi Warisan Budaya di Afrika Selatan, Simak Penjelasannya! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ko Bisa? Makam Ulama Asal Indonesia Ini Jadi Warisan Budaya di Afrika Selatan, Simak Penjelasannya!

, 3/30/2022 09:28:00 AM

Makam Sayed Abdul Malik sebagai warisan budaya nasional (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Jakarta - Afrika Selatan menjadikan makam ulama asal Indonesia sebagai warisan budaya nasional. Namanya Sayed Abdul Malik. Siapakah dia?
KJRI Cape Town menghadiri Declaration of Karamats within the Circle of Tombs as National Heritage Sites, Jumat (03/12/2021). Kegiatan tersebut merupakan penetapan makam Sayed Abdul Malik, ulama asal nusantara, Indonesia.

Makam Sayed Abdul Malik ditetapkan sebagai warisan budaya nasional (national heritage) oleh South African Heritage Resources Agency, mengutip rilis resmi Kementerian Luar Negeri.

Dengan telah ditetapkannya makam Sayed Abdul Malik sebagai national heritage sites, maka bangunannya akan dijaga dan dipelihara oleh negara, yaitu oleh Badan Warisan Budaya Nasional Afrika Selatan (South African Heritage Resources Agency).

Berdasarkan catatan muslim directory, Sayed Abdul Malik berasal dari Indonesia yang tiba di Cape Town menjelang akhir abad ke-18. Sayed Abdul Malik menjadi orang kepercayaan Tuan Guru yang juga seorang ulama nusantara asal Tidore yang pertama kali membangun masjid di Afrika Selatan.

Cape Mazaars Society sebagai penggagas ditetapkannya makam Sayed Abdul Malik sebagai bagian warisan budaya nasional Afrika Selatan mengungkapkan bahwa hal ini merupakan proses panjang yang dimulai dari tahun 1980-an.

"Saat ini terdapat 10 makam ulama yang telah ditetapkan sebagai national heritage sites dari seluruh 31 makam ulama yang ditargetkan," kata Kemenlu.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh fungsi Pensosbud, Konsul Jenderal RI Cape Town menyampaikan bahwa Sayed Abdul Malik bersama Tuan Guru dan Syekh Yusuf merupakan beberapa ulama nusantara asal Indonesia yang memperkaya budaya Afrika Selatan dalam konteks spiritualitas.

"Ulama-ulama Indonesia telah mewarnai perkembangan Afrika Selatan dari awal kedatangan hingga saat ini. Harapannya dengan penetapan makam Sayed Abdul Malik sebagai national heritage akan memperkaya dan memperkuat hubungan bilateral antara Afrika Selatan dan Indonesia," terang Kemenlu Kepada awak media.

Jurnalis : Vedha
Editor : Ramdhan

TerPopuler

close