Ini Penyebab Dua Kubu Massa Nyaris Bentrok Di Kalimantan Barat -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ini Penyebab Dua Kubu Massa Nyaris Bentrok Di Kalimantan Barat

, 2/09/2022 10:18:00 PM

Aksi Bentrok Massa.

Vnn.co.id, Kubu Raya - Dua Kelompok warga di Kubu Raya, Kalimantan Barat nyaris bentrok. Kejadian ini menghebohkan warga di sekitar jalan Adi Sucipto persis di depan kantor bersama Bumi Raya, Desa Parit Baru, Kabupaten Kubu Raya Kalbar (Rabu, 09/02/2022).

Melansir dari kalbarnews.co.id, kejadian ini ditengarai karena adanya sekelompok pemuda yang berada di depan kantor bersama Bumi Raya Desa Parit Baru yang kemudian memicu kesalahpahaman buruh pekerja yang berada di sekitar Pergudangan di jalan Adisucipto Kecamatan Sungai Raya ini.


Keributan ini terjadi karena kesalahpahaman sistem kerja buruh antara Koperasi MJP Kubu Raya dan Koperasi TKKBM.

VIDEO AMATIR BENTROK MASSA.


Terkait peristiwa ini, Kapolres Kubu Raya, AKBP Jerrold HY Kumontoy mengatakan bahwa tidak ada masalah lain pemicu keributan itu. "Ini sebenarnya masalah koperasi, terkait masalah sistem kerja yang belum ada kesepakatan," terangnya.


Ditambahkan olehnya bahwa persoalan ini sudah cukup lama berlangsung dan sudah dalam proses mediasi oleh pemerintah Kabupaten Kubu Raya. " Namun pada proses ini belum ada titik temu, sehingga ada konsentrasi massa dan pada saat itu mungkin terprovokasi dengan hal lain yang akhirnya mereka bersitegang," ungkap Kapolres.


Ia menjelaskan pula tidak ada isu yang lain seperti isu suku, agama dan golongan sebagaimana info yang beredar di media sosial. 

Bentrok Massa.

"Ini murni kesalahpahaman saja antar dua kelompok mengenai sitem kerja. Kita lihat bahwa kondisi yang terjadi di lapangan tidak seperti berita yang beredar, sudah mampu diredam dan dikendalikan oleh anggota Polres, di mana massa yang tadi berkumpul dan sempat bersitegang sudah kita bubarkan. Pihak yang dituakan dari masing-masing kelompok juga sudah kita pertemukan. Jadi saat ini kita menunggu bagaimana hasil mediasi dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak," pungkasnya.*


Jurnalis : Muhammad Sandi

TerPopuler

close