Perhatikan 10 Hal Ini untuk Tetap Bahagia jadi Warga Negara Digital! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Perhatikan 10 Hal Ini untuk Tetap Bahagia jadi Warga Negara Digital!

, 11/06/2021 02:41:00 PM
Sumber: Freepik


Vnn.co.id, Gaya Hidup - Kesejahteraan digital adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan dampak teknologi dan layanan digital terhadap kesejahteraan fisik, mental, dan emosional kita. Pada tingkat individu, itu adalah keadaan kesejahteraan pribadi yang dialami seseorang melalui penggunaan alat, sistem, perangkat, dan sumber daya elektronik.


Sebagaimana yang kita ketahui dan sadari, penggunaan teknologi semakin integral dengan hal-hal yang kita lakukan. Terlalu sering menggunakan layar dan perangkat genggam, dan harapan bahwa kita harus tersedia 24 jam sehari, tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik kita yang mengakibatkan masalah medis, seperti ketegangan mata digital, sakit kepala, dan kelelahan, tetapi juga memengaruhi kesehatan mental kita dengan peningkatan risiko kondisi seperti depresi, harga diri rendah, dan kecemasan. Kesejahteraan emosional kita juga terpengaruh karena mengalihkan perhatian kita dari hal-hal yang paling penting bagi kita.


Mempromosikan penggunaan teknologi yang sehat akan secara proaktif membantu Anda mempertahankan kesejahteraan mental, fisik, dan emosional yang positif. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dan bagaimana Anda dapat mengatasi beberapa masalah yang disebabkan oleh penggunaan teknologi dilansir dari PeopleWellBeing:


1. Lihatlah kebiasaan digital Anda


Menciptakan kebiasaan baru bisa terasa menakutkan, tetapi mengambil langkah-langkah kecil dan menyesuaikan diri dengan cara baru menggunakan perangkat digital  akan membantu Anda menjadi lebih bahagia dan lebih hadir. Tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan: 


Bagaimana perasaan Anda terhadap perangkat digital Anda? Apakah Anda terkadang merasa kewalahan dengan terlalu banyak informasi atau merasa tertekan atau tertekan oleh media sosial atau pesan? Mungkin Anda merasa cemas jika lupa ponsel saat keluar? 


Jika perangkat digital Anda menyebabkan perasaan negatif, maka kemungkinan besar inilah saatnya untuk melihat bagaimana Anda dapat meningkatkan kesejahteraan digital Anda!


2. Pantau aktivitas digital Anda


Langkah selanjutnya untuk meningkatkan kesejahteraan digital Anda adalah mendapatkan pemahaman mendetail tentang penggunaan teknologi Anda. Sangat penting untuk menyadari berapa banyak waktu yang Anda habiskan menggunakan perangkat digital dan bagaimana Anda berinteraksi dengannya. Sebagian besar ponsel cerdas sekarang memiliki kemampuan untuk memantau aktivitas Anda sehingga Anda dapat menganalisis waktu yang Anda habiskan untuk setiap aplikasi dan perangkat digital.


3. Tetapkan batasan


Kita dikelilingi oleh perangkat digital. Kita hidup di dunia teknologi! Namun, kami gagal menetapkan batasan teknologi yang sehat. Anda dapat menetapkan batas harian pada aplikasi dan situs web yang Anda gunakan. Setelah Anda mencapai batas, aplikasi dan situs akan dijeda dan notifikasi dibungkam.


4. Jam malam waktu tidur


Putuskan sambungan telepon atau perangkat Anda untuk membantu Anda mendapatkan tidur malam yang lebih baik. Ada berbagai aplikasi yang akan menempatkan ponsel Anda dalam mode malam hari, mengheningkan notifikasi, dan mengubah layar Anda menjadi skala abu-abu yang meminimalkan cahaya biru. Mengekspos diri kita ke cahaya biru buatan pada waktu tidur mengganggu siklus tidur-bangun alami kita karena menghalangi hormon melatonin yang membantu kita tertidur.


5. Waktu makan = bebas gadget


Selama bertahun-tahun, duduk bersama keluarga atau orang yang Anda cintai untuk makan malam adalah waktu bagi keluarga dan orang-orang yang sibuk untuk berkumpul, bersantai, dan mengobrol tentang hari mereka di sekolah atau di tempat kerja. Masa sekarang ini, penelitian menunjukkan bahwa ponsel dan gadget elektronik telah menjadi bagian dari jamuan keluarga yang mengakibatkan makan senyap dengan sedikit atau tanpa komunikasi.


Psikolog dan pakar perilaku Emma Kenny mengatakan, "Memastikan bahwa waktu makan adalah zona bebas teknologi sangat penting untuk kohesi keluarga dan berarti bahwa setiap anggota keluarga dapat hadir sepenuhnya sambil menikmati makanan bersama yang bergizi dan lezat."


6. Mode fokus


Terlalu mudah untuk terganggu dengan notifikasi aplikasi! Ada opsi di beberapa ponsel untuk menjeda aplikasi sementara. Ini akan mencegah ponsel mengganggu ketika Anda perlu fokus pada sesuatu yang penting. Jika Anda mencoba membuka aplikasi saat dalam mode fokus, itu akan mengingatkan Anda bahwa aplikasi tersebut dijeda!


7. Prioritaskan hubungan waktu nyata


Ada istilah 'phubbing' yang berarti mengabaikan teman atau keluarga demi melihat ponsel Anda. Penelitian menunjukkan bahwa 'phubbing' merampas kebutuhan mendasar kita dan dapat secara serius memengaruhi hubungan kita dan meningkatkan tingkat stres! Orang yang di-phubbed bisa merasa dikucilkan, tidak diinginkan, dan diabaikan–bukan dasar yang baik untuk hubungan yang sehat!


Coba buat beberapa zona tidak terhubung di rumah Anda! Beri keluarga dan orang yang Anda cintai kesempatan untuk berbicara dan mendengarkan tanpa gangguan. Coba matikan ponsel Anda sepenuhnya, alih-alih diam akan memastikannya tidak bergetar! Jika Anda benar-benar tidak dapat melakukannya tanpa perangkat digital, maka Anda dapat mencoba bermain game elektronik bersama, atau menonton TV bersama–aktivitas berbagi membawa rasa keterikatan dan koneksi yang lebih besar.


8. Media sosial


Media sosial memainkan peran besar dalam cara kita berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain yang dapat menjadi hal yang sangat positif karena membuat kita tetap terhubung dengan teman dan keluarga. Ini juga merupakan sumber informasi yang bagus. Studi menunjukkan bahwa terlalu sering menggunakan media sosial (dikenal sebagai kecanduan media sosial) dan terus berkomunikasi secara elektronik dengan teman dan keluarga kita, alih-alih tatap muka dapat menyebabkan depresi, perasaan kesepian, dan isolasi sosial. Penggunaan media sosial yang berlebihan juga mempromosikan pengalaman negatif, seperti ketidakcukupan tentang penampilan kita dan bagaimana kita menjalani hidup kita.


Melakukan detoks digital dengan menghabiskan waktu jauh dari media sosial adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghentikan kecanduan. Anda akan menyadari berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk melakukan hal-hal lain. Cobalah melakukan aktivitas non-layar seperti hobi baru atau lama dan bertemu teman secara langsung.


10. Aturan dasar digital


Menyiapkan aturan dasar digital sangat penting untuk memastikan kesejahteraan digital anak-anak Anda terpelihara. Sebagian besar perangkat digital memungkinkan orang tua untuk mengatur kontrol orang tua. Ini berarti mereka dapat melindungi mereka dari konten yang tidak pantas, pembelian online, aplikasi yang mereka gunakan, dan waktu yang dihabiskan di perangkat mereka.


Menjadi Smart Netizen!


Teknologi adalah bagian dari kehidupan kita, suka atau tidak, apabila digunakan secara berlebihan berdampak negatif pada kesejahteraan kita. Namun, teknologi juga menawarkan banyak manfaat positif dan memainkan peran penting dalam pendidikan dan kesehatan serta kesejahteraan kita. Mengikuti langkah-langkah sederhana di atas dapat membantu Anda mengidentifikasi aspek positif dan negatif dari teknologi. Artinya, Anda dapat menikmati hidup dengan mengetahui bahwa Anda menjaga rasa kesejahteraan digital Anda sendiri.


Penulis: Shania Dea M.S

TerPopuler

close