Indonesia Menjadi Tuan Rumah Acara Internasional 'G20' Tahun Depan -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Acara Internasional 'G20' Tahun Depan

, 11/01/2021 08:24:00 PM

 

Foto G20 2021 di Roma, Italia (www.g20.0rg).

Vnn.co.id, Tangerang - Kehadiran Presiden RI Joko Widodo di G20 atau Group of Twenty yang diselenggarakan di Roma, Italia pada 30 Oktober sampai 31 Oktober 2021 membawa kabar baik untuk Indonesia. Pasalnya, dalam penutupan acara tersebut Indonesia diumumkan terpilih sebagai Presidensi G20 yang akan diselenggarakan pada tahun 2022, di mana untuk pertama kalinya Indonesia akan menjadi tuan rumah dari acara tersebut sejak G20 dibentuk pada tahun 1999.

 

G20 atau  Group of Twenty merupakan sebuah kelompok forum skala internasional yang dibentuk pada Desember 1999 dengan tujuan untuk bersama-sama menangani masalah ekonomi yang terjadi di tiap-tiap negara. Forum ini terdiri dari 19 Negara dan Uni Eropa. Di antara 19 Negara tersebut ialah Indonesia, Korea Selatan, China, Jepang, Amerika Serikat, Brazil, Australia, Kanada, Meksiko, Turki, Jerman, Inggris, India, Arab Saudi, Afrika Selatan, Italia, Prancis, dan Rusia.

 

Dilansir dari Kompas.com (01/11), Indonesia sendiri telah bergabung dalam G20 sejak forum tersebut dibentuk, yaitu pada tahun 1999. Namun, Indonesia pertama kali diundang dalam kegiatan tersebut pada masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tepatnya pada tahun 2008 di Amerika Serikat.

 

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah selanjutnya dari forum G20 ini tentu saja merupakan hal yang membanggakan, pasalnya seluruh perwakilan dari negara-negara yang tergabung dalam forum ini akan mendatangi Indonesia untuk hadir dalam G20 tahun 2022. Dengan hal itu, maka Indonesia sebagai tuan rumah harus mempersiapkan acara ini dengan sangat baik agar acara berjalan dengan sukses, serta dapat memberikan kesan yang baik pula kepada seluruh perwakilan negara yang hadir.

 

“Saya sampaikan selamat kepada Italia yang telah sukses menjalankan presidensi G20 di tahun 2021. Indonesia merasa terhormat untuk meneruskan presidensi G20 di tahun 2022,” ujar Jokowi yang dikutip dari Kominfo.go.id (01/11).

 

Dilansir dari Kominfo.go.id, Jokowi menjelaskan bahwa G20 tahun 2022 akan mengusung tema besar “Recover Together, Recover Stronger”, di mana tema tersebut akan mendorong upaya pemulihan ekonomi dunia. Jokowi juga menjelaskan bahwa G20 harus menjadi motor pengembangan ekosistem yang mendorong kolaborasi dunia dalam inovasi dari tema tersebut.

 

Presidensi G20 tahun 2022 ini akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 30-31 Oktober 2022. Dalam pidatonya, setelah menerima Presidensi G20 Jokowi secara langsung mengundang para perwakilan tiap negara untuk turut hadir dalam G20 tahun 2022 di Indonesia.

 

“Kami akan menjamu bapak dan ibu di ruang terbuka, di hamparan (pasir) pantai Bali yang indah, yang (dapat) menginspirasi gagasan-gagasan inovatif untuk produktivitas G20 ke depan. Sampai bertemu di Indonesia,” ujar Jokowi.

 

Selain hadir dalam G20 di Roma, Jokowi juga turut hadir dalam COP26 di Glassgow, Britania Raya. COP26 merupakan konferensi atau pertemuan para pemimpin negara untuk membahas mengenai perubahan iklim serta upaya-upaya yang akan dilakukan untuk menangani permasalahan iklim yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Dengan hadirnya Jokowi dalam dua agenda besar tersebut, diharapkan akan memberikan dampak yang baik untuk Indonesia saat ini dan ke depannya.

 

Rep: Alfi Khaerotunnisa

Editor: Mega

TerPopuler

close