Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan Pesan Presiden -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan Pesan Presiden

, 10/01/2021 02:19:00 PM

 

Gambar Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila (Kemendikbud RI).

Vnn.co.id, Tangerang - Dalam memperingati hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari ini 01 Oktober 2021, pemerintah Indonesia mengadakan kegiatan upacara yang disiarkan secara langsung dari Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit dan dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara tatap muka dan juga daring, upacara ini dilakukan secara sederhana dan khidmat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beserta istri yaitu Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta istri Wury Estu Handayani. Selain itu, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Ketua DPRD La Nyalla Mattaliti pun turut hadir secara langsung dalam upacara ini.

 

Bukan hanya Presiden dan jajarannya saja yang mengikuti kegiatan Upacara ini, anggota keluarga dari para Pahlawan Revolusi yang telah gugur pun turut mengikuti Upacara ini seperti anggota keluarga Mayor Jenderal Sutoyo, Mayor Jenderal D.I Pandjaitan, Letnan Jenderal R. Suprapto, Letnan Jenderal MT. Haryono, Jenderal Ahmad Yani, dan lainnya. Hanya saja mereka tidak hadir secara langsung, tetapi mengikutinya secara daring dari rumah masing–masing.

 

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2021 ini dikomandani oleh Kombes Pol Iwan Saktiadi, dengan Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo, serta Ketua MPR Bambang Seosatyo selaku Pembaca teks UUD 1945, Ketua DPR Puan Maharani selaku Pembaca Ikrar, Ketua DPRD La Nyalla Mattaliti selaku Pembaca teks Pancasila dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas selaku Pembaca Doa.

 

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Presiden RI Joko Widodo juga memberikan sedikit pidatonya yang diunggah di akun sosial media Instagramnya yang berisi sebagai berikut:

 

“Hari Kesaktian Pancasila setiap tahun kita peringati untuk mengenang peristiwa kelas yang pernah terjadi di negeri ini, sekaligus mengingatkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan. Ideologi Pancasila dengan segenap nilai yang dikandungnya memandu bangsa ini untuk menghadapi berbagai bentuk tantangan meskipun datang di zaman yang berbeda”. Dikutip dari akun instagram @jokowi (01/10).

 

Selain itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makariem juga memberikan pidatonya dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang diunggah melalui kanal YouTube Kemendikbud RI. Nadiem mengatakan bahwa di masa pandemi ini telah menunjukkan dengan jelas sejumlah tantangan yang harus dihadapi untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas untuk seluruh rakyat Indonesia. Nadiem juga mengatakan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu dijadikan momentum untuk merefleksikan hal–hal yang sudah dan telah dilakukan.

 

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal–hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan mendatang,” ujar Nadiem dalam Pidato Peringatan Hari Kesaktian Pancasila (30/09).

 

Rep: Alfi Khaerotunnisa

Red: Mega

TerPopuler

close