Simak 5 Tips Ini agar Belajar Lebih Efisien -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Simak 5 Tips Ini agar Belajar Lebih Efisien

, 10/15/2021 07:55:00 PM

Ilustrasi belajar:Biomedical odysses. 

Vnn.co.id, Pendidikan - Belajar bagi siswa hingga mahasiswa adalah sebuah kewajiban sebagaimana predikatnya sebagai pelajar. Dalam belajar, perasaan bosan ataupun jenuh tentu ada. Berikut tips agar tidak merasa bosan untuk belajar:


1.  Buat Suasana Belajar yang Nyaman

Cara membangun suasana belajar yang nyaman, di antaranya adalah Anda bisa belajar sambil mendengarkan musik; belajar di tempat-tempat yang nyaman; misalnya di taman atau pinggir danau, atau ruangan ber-AC ataupun di cafe yang sepi pengunjung. Di mana pun tempatnya, carilah tempat yang paling nyaman menurut Anda.


 2.  Merangkum Pokok Pembelajaran


Yah, mencatat pokok-pokok pembelajaran. Kenapa? Karena jika Anda membaca satu buku, maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikannya. Ambilah intisari dari pelajaran tersebut. Hal ini akan membuat kemudahan mengingat dan juga mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut.


 3.  Belajar Bersama


Metode ini seringkali dikatakan metode yang paling efektif, karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai, otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran atau materi yang akan diserap. Selain itu, hal-hal yang belum diketahui akan lebih mudah diselesaikan dengan bekerja sama. Maka, sangat dianjurkan untuk belajar bersama ketika akan menghadapi ujian.


 4.  Belajar dengan Praktik


Belajar sambil praktek adalah hal yang sangat efektif. Yah, Cara belajar ini juga akan membuat Anda tak merasa bosan. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun. Dengan demikian kita bisa membuat sebuah acara belajar menjadi lebih asyik.


 5.  Memahami Bukan Menghafal


Hal yang paling sering dilakukan oleh siswa atapun mahasiswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal. Sebenarnya, ini tidaklah salah. Namun, yang lebih efektif adalah mengerti dan memahami teorinya, maka dengan sendirinya akan kita ingat ketika ujian. Jika Anda masih dalam metode belajar dengan menghafal, sangat disarankan untuk pindah ke metode ini.


Coba lakukan hal di atas diiringi dengan doa supaya pembelajaran akan menjadi lebih bermanfaat, tidak hanya untuk sementara waktu dan belajarlah secukupnya.


Penulis: Isnatul Fajar

Editor: Mega

 

TerPopuler

close