Promosikan Green Tourism, Pemuda Ini Mendaki 35 Gunung hanya 4 Bulan -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Promosikan Green Tourism, Pemuda Ini Mendaki 35 Gunung hanya 4 Bulan

, 10/28/2021 08:10:00 PM

 

Azam Rofiullah yang sedang diwawancarai Metro TV dalam acara Selamat Pagi Indonesia (Foto/Medcom.id).

Vnn.co.id, Jakarta - Azam Rofiullah namanya, seorang pemuda yang  berstatus mahasiswa di LIPIA Jakarta ini sukses menaklukkan 35 gunung di Indonesia dalam waktu kurang lebih 4 bulan. Alasan ia melakukan pendakian tersebut ialah untuk memperkenalkan alam Indonesia yang berlandaskan green tourism era 6.0 pada masa depan.

 

“Motivasi saya melakukan pendakian ini karena bentang alam Indonesia sangat luas, potensi sosial dan budaya tiap daerah juga luar biasa. Untuk objeknya sendiri, yaitu anak muda yang suka mendaki gunung. Minimal, tujuan ke depannya,  kita bisa memimpin di sektor pariwisata dunia di era environment 6.0 nanti,” ujar Azam Rofiullah di Metro TV (28/10/2021).

 

Tidak hanya itu, Azam yang juga merupakan pendiri dari Kaldera Indonesia juga mengkampanyekan zero waste hiking, yakni pendakian yang meminimalisir atau bahkan tidak menyisakan sampah. Ia meng ampanyekan agar para pemuda yang hobi mendaki gunung untuk tidak menggunakan plastik sekali pakai.

 

“Yang saya garisbawahi dalam mendaki adalah sampah, dimana begitu banyak pendaki yang meninggalkan sampah. Nah, ketika mendaki minimal kita mengurangi plastik sekali pakai, seperti bungkusan-bungkusan dan lainnya. Caranya adalah mengganti makanan dengan bahan yang organik agar tidak menyisakan seusuatu (zero waste),” pungkas Azam.

 

Dalam perjalanan pendakiannya, Azam bermula dari mendaki gunung Latimojong. Kemudian marathon di gunung-gunung daerah Sumatera hingga pulau Jawa. Hebatnya, perjalanan antarpulau yang sudah ia tempuh hanyalah dengan menggunakan sepeda motor.

 

Reporter: Pranaja

Editor: Mega

TerPopuler

close