Ahli Astronomi Temukan Planet di Luar Bima Sakti untuk Pertama Kalinya -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ahli Astronomi Temukan Planet di Luar Bima Sakti untuk Pertama Kalinya

, 10/27/2021 08:03:00 PM

The Milky Way as seen in outback Australia.

Vnn.co.id, Internasional - Para peneliti mengatakan bahwa mereka mendeteksi bukti sebuah planet yang mengorbit sepasang bintang-salah satunya kemungkinan besar mengalami ledakan supernova-23 juta tahun cahaya dari bumi.

Para astronomi telah melihat tanda-tanda adanya sebuah planet dalam sistem bintang di luar bima sakti yang jika dikonfirmasi, akan menjadi yang pertama ditemukan di galaksi lain.

Penemuan tersebut, dilaporkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature Astronomy, menunjukkan teknik baru untuk menemukan dunia yang jauh, dan secara signifikan dapat memperluas pencarian untuk apa yang disebut exoplanet ekstragalaksi.

"Itu selalu menyenangkan ketika Anda menemukan sesuatu yang pertama dari jenisnya," kata pemimpin peneliti studi tersebut, Rosanne Di Stefano, seorang astrofisikawan di Harvard-Smithsonian Cente untuk Astrofisik.

"Begitu kami mulai menemukan planet secara lokal, masuk akal bahwa ada planet di galaksi lain, tetapi ini sangat merendahkan dan sangat menarik," lanjutnya.

Planet yang mungkin ditemukan di galaksi spiral yang disebut Messier 51 itu, juga dikenal sebagai galaksi pusaran air, yang berjarak lebih dari 23 juta tahun cahaya dari bumi.

Eksoplanet pertama atau planet di luar tata surya ditemukan pada 1990-an, dan membutuhkan kombinasi sejumlah teknik deteksi yang rumit. Namun, sejak itu, misi NASA seperti teleskop luar angkasa kepler dan satelit survei transit exoplanet telah ditemukan banyak sekali dunia di seluruh galaksi.

Lebih dari 4.000 exoplanet telah ditemukan dan dikonfirmasi, tetapi sampai sekarang, semuanya berada di bima sakti. Sebagian besar juga berjarak kurang dari 3.000 tahun cahaya dari bumi. Jika dikonfirmasi, planet di galaksi pusaran sir akan ribuan kali lebih jauh dari planet asing lainnya yang telah diidentifikasi.

Kemungkinan dunia asing ditemukan dalam sistem biner sinar-X, sejenis sistem bintang yang menghasilkan dan memancarkan sinar-X dan biasanya terdiri dari bintang normal dan bintang runtuh, seperti bintang neutron atau lubang hitam.

Biasanya, para astronom menggunakan apa yang dikenal sebagai "metode transit" untuk mencari planet. Transit terjadi ketika sebuah planet mengorbit di depan bintang induknya, untuk sementara menghalangi sebagian darinya dan menyebabkan penurunan cahaya bintang yang dapat diamati. Di Stefano dan rekan-rekannya menerapkan ide dasar yang sama, tetapi alih-alih cahaya optik, mereka memantau perubahan kecerahan sinar-X dari sistem biner di galaksi pusaran air.

Di Stefano menuturkan, wilayah yang menghasilkan sinar-X terang relatif kecil, sehingga memungkinkan untuk mendeteksi transit yang menghalangi sebagian besar atau semua emisi sinar-X.

"Ini adalah sinyal yang sangat jelas," katanya.

Menggunakan data dari Chandra X-ray Observatory NASA, Di Stefano dan rekan-rekannya mengamati bahwa transit berlangsung sekitar tiga jam, dan mereka dapat mengukur ukuran objek secara kasar karena benar-benar menghalangi sumber sinar-X. Mereka memperkirakan bahwa planet yang mungkin adalah ukuran Saturnus dan jauh lebih jauh dari bintangnya daripada bumi dari matahari.

Penulis: Reivandy