Sedang Merasa Sedih? Ketahui Hal yang Perlu Kamu Lakukan! -->

Sedang Merasa Sedih? Ketahui Hal yang Perlu Kamu Lakukan!

, 10/14/2021 01:06:00 PM

Ilustrasi sedih.

Vnn.co.id, Gaya Hidup - Setiap orang pernah merasa sedih, sama seperti kenyataan bahwa semua orang dapat merasa senang, marah, bangga, dan banyak emosi lainnya. Dengan kata lain, setiap orang memiliki perasaan, dan perasaan itu selalu berubah-ubah. Terkadang kita merasa bahagia (seperti saat kita sedang bersenang-senang) dan terkadang kita merasa sedih (seperti saat kita kehilangan orang yang kita cintai). Apa pun itu, perasaan nyata dan merupakan bagian dari hidup kita.

Dunia kita memiliki fokus pada kebahagiaan dan memperlakukan ketidakbahagiaan sebagai perasaan yang tidak perlu atau tidak berguna. Kesedihan tidak hanya dapat memperlambat Anda, tetapi juga dapat membantu. Membuat Anda benar-benar berpikir tentang hidup, perasaan Anda, dan orang-orang di sekitar Anda. Ini dapat membantu dalam menjaga hubungan dan impian Anda.


Banyak kata-kata yang berbeda untuk mengungkapkan tentang kesedihan: penderitaan, kesedihan, patah hati, sakit hati, kekecewaan, kerinduan, kesusahan, ketidakbahagiaan, dan banyak lagi. Semua emosi ini adalah respons terhadap situasi negatif. Kesedihan juga sering merupakan akibat dari perasaan lain, seperti kemarahan, stres, rasa bersalah, kecemasan atau keputusasaan. 


Jadi, seperti apa rasanya kesedihan? Sebuah penelitian yang dlansir Better Health Channel menunjukkan bahwa kesedihan dapat mengubah perasaan Anda secara fisik. Mungkin Anda sakit perut atau sakit kepala, atau tidak bisa tidur. Kesedihan juga dapat mengubah perasaan Anda secara emosional. Mungkin saat menangis, pemarah, bosan atau frustrasi, atau hanya ingin menghindari orang lain.


Namun mengenali kesedihan Anda, dan memahami bahwa merasa sedih itu boleh saja, adalah tanda rasa sejahtera yang stabil.


Anda mungkin merasa sedih karena berbagai alasan, berikut alasan-alasan yang mungkin sedang membuat Anda Sedih: mengalami masalah di rumah (misalnya, pertengkaran keluarga atau kekerasan dalam rumah tangga), mengalami masalah di sekolah atau tempat kerja, atau merasakan tekanan di sana, pindah rumah, kehilangan orang yang dicintai atau teman, sedang sakit, atau merawat seseorang yang sakit, mengalami perubahan kimia dalam tubuh Anda (pubertas atau obat-obatan), mengalami perubahan dalam pikiran Anda (misalnya, mengembangkan gaya berpikir yang tidak membantu seperti mengkritik diri sendiri, atau mempelajari informasi baru tentang mata pelajaran seperti kemiskinan atau terorisme).


Ketika Anda menghadapi situasi ini, Anda mungkin memiliki pikiran yang tidak membantu atau negatif tentang kesedihan Anda, sehingga pikiran itu bisa membuat Anda merasa lebih buruk.


Jadi, Anda disarankan untuk mencoba pendekatan yang berbeda. Anda dapat mencoba untuk mengakui kesedihan Anda dan situasi yang mendorongnya. Berilah diri Anda waktu untuk mengatasi masalah itu dan merasa lebih baik. Anda juga mungkin ingin menghubungi sumber daya yang dapat membantu Anda (seperti teman dan keluarga, atau psikolog, atau profesional kesehatan lainnya).


Kapan kesedihan akan berkurang?


Merasa lebih baik dapat melibatkan keputusan atas satu atau banyak langkah yang mungkin terjadi dengan cepat atau dalam waktu yang lama. Anda perlu mengingat bahwa emosi surut dan mengalir, dan Anda dapat bergerak melalui kesedihan ke emosi yang lebih positif. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesedihan Anda!


1. Akui bahwa Anda merasa sedih. Kesedihan bukan hal yang memalukan, bukan hal tabu, atau bukanlah hal yang perlu anda tolak layaknya emosi-emosi lain seperti kebahagiaan, ketakutan, kenikmatan, dan lain-lain! Penerimaan atas kondisi diri Anda yang sedang bersedih dapat menjadi langkah awal yang tepat untuk mengurangi kesedihan itu.


2. Cari cara untuk mengatasi kesedihan Anda. Anda bisa mencoba beberapa tips ini, yaitu jujurlah pada diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda. Bicaralah dengan seseorang yang Anda percayai. Anda juga bisa mencari bantuan dari seorang profesional (konselor, psikolog, atau profesional kesehatan lainnya) karena Anda mungkin memerlukan dukungan, saran, atau rujukan ke spesialis. Anda juga perlu memikirkan apakah pola tidur dan makan saat ini baik untuk Anda.


Tips lainnya adalah Anda dapat membantu orang lain. Hanya meningkatkan kehidupan orang lain, atau menjadi bagian dari komunitas, dapat mengangkat semangat Anda. Penting juga bagi Anda menemukan cara kreatif untuk mengekspresikan kesedihan Anda seperti menulis pemikiran Anda dalam buku harian. Terakhir, Anda perlu menjaga diri tetap aman. Jika Anda merasa berisiko melukai diri sendiri, beri tahu seseorang segera dan lakukanlah hal-hal yang Anda sukai dan itu baik untuk Anda. Temukan cara untuk membuat hidup Anda lebih menyenangkan: mendengarkan musik, berjalan-jalan, membaca buku, dan menelepon teman.


Perlu Anda ketahui juga, bahwa kesedihan berbeda dengan depresi!


Merasa sedih bukan berarti Anda mengalami depresi. Namun, jika suasana hati Anda mulai mengganggu hidup dan bagaimana Anda berfungsi, maka Anda mungkin menjadi depresi. Perbedaan utama antara kesedihan dan depresi klinis berhubungan dengan penyebab perubahan suasana hati dan seberapa lama Anda merasakannya.


Salah seorang penulis mengilustrasikan perbedaannya seperti ini: jika suasana hati Anda terkait dengan peristiwa baru-baru ini, seperti putusnya hubungan, maka Anda mungkin merasa sedih. Namn, jika perpisahan itu terjadi berbulan-bulan yang lalu, atau Anda tidak dapat melihat alasan yang jelas untuk perubahan suasana hati Anda, Anda mungkin mengalami depresi, dan mungkin akan membantu bagi Anda untuk mengobrol dengan dokter umum atau psikolog tentang apa yang menyebabkan Anda merasakan hal tersebut.


Penulis: Shania Dea Menany Soputan

Editor: Mega

TerPopuler

close