Menguak Makna di Balik Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2021 -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Menguak Makna di Balik Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2021

, 10/22/2021 07:49:00 PM

 

kemenag.go.id.


Vnn.co.id, Nasional - Peringatan Hari Santri Nasional memiliki makna sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan santri dan ulama pesantren dalam mempertahankan kemerdekaan Negara Indonesia. 


Sebagai wujud apreasi tersebut, maka tak heran jika setiap tahunnya tema perayaan Hari Santri berbeda-beda. Tema Hari Santri 2021 menjadi informasi penting yang tak boleh dilewatkan pada hari ini. Tepat 22 Oktober, Indonesia memperingati Hari Santri 2021


Ada makna dan filosofi mendalam di perayaan Hari Santri 2021. Berdasarkan penuturan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, makna di balik tema "Santri Siaga Jiwa dan Raga" merupakan wujud pernyataan sikap para santri untuk terus siap siaga menyerahkan jiwa dan raga membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.


Makna "Siaga Jiwa Raga" dipilih sebagai bentuk tekad seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren.


Adapun Siaga Jiwa bermakna bahwa para santri tak lepas terus menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil 'alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Dengan demikian, para santri diharapkan mampu mencegah celah ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia.


Sementara, "Siaga Raga" diartikan bahwa badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Negara Indonesia.


Adapun dari warna-warna yang tersemat dalam logo Hari Santri Nasional 2021 merupakan cerminan semangat dan kolaborasi santri untuk mengabdi pada negara Indonesia. Agar lebih jelas berikut makna warna dibalik logo HSN 2021.


  1. Warna ungu mencerminkan semangat untuk mencapai segala sesuatu
  2. Warna kuning menggambarkan sikap berbagi untuk sesama dan Indonesia
  3. Warna jingga menandakan kebersamaan
  4. Warna kuning mencerminkan sujud
  5. Warna biru muda mengandung makna salat atau berserah diri kepada Tuhan


Selain warna yang tersemat pada logo HSN tersebut, ternyata ada bentuk yang memiliki makna sangat berarti, yakni menggambarkan posisi salat, menggambarkan posisi sujud, dua orang saling menangkupkan tangan, dan lambang menunjukkan simbol semangat serta berbagi. Adapun arti dari logo yang menggambarkan posisi salat, yaitu berarti para kaum santri senantiasa berserah diri kepada Tuhan sebagai puncak dari kekuatan jiwa dan raga.


Kemudian logo yang menggambarkan posisi sujud berarti sebuah ikhtiar dan ketulusan para santri agar pandemi cepat berlalu.


Lalu, lambang dua orang saling menangkupkan tangan berarti menunjukkan kebersamaan yang memiliki makna bahwa santri selalu berkolaborasi, bersama dalam suka maupun duka. 


Sedangkan, bentuk logo yang menunjukkan simbol semangat. Bentuk tersebut merupakan keyakinan kaum santri bahwa dengan semangat dan kerja keras, segala sesuatu akan tercapai.


Terakhir, bentuk logo yang menunjukkan simbol berbagi memiliki arti bahwa para santri berbagi untuk sesama dan berbagi untuk Indonesia.


Penulis: Qorina Lois Fadillah
Editor: Mega

TerPopuler

close