Manfaat Kacang Hijau dan Olahan yang Aman bagi Penderita Maag -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Manfaat Kacang Hijau dan Olahan yang Aman bagi Penderita Maag

, 10/19/2021 08:05:00 PM

sajiansedap.grid.id.

Vnn.co.id, Kesehatan - Sakit maag atau dispepsia adalah gejala penyakit berupa rasa nyeri dan panas pada lambung yang terjadi akibat sejumlah kondisi. Di antaranya adalah luka terbuka pada lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres. 


Sakit maag umumnya terasa nyeri pada perut bagian kiri atas. Namun, nyeri ini juga dapat dirasakan di dada, punggung, atau pinggang sebagai nyeri alih.


Sakit maag dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti merokok, terlalu banyak konsumsi kafein, alkoho, dan minuman bersoda, makan terlalu cepat dan banyak mengonsumsi makanan berlemak, pedas serta berminyak. 


Bagi penderita penyakit lambung, seperti maag, gastritis atau refluks asam lambung (GERD) harus benar-benar menjaga pola makannya dengan baik. Dari sekian banyak makanan yang baik untuk penderita maag, salah satu yang jadi favorit banyak orang adalah kacang hijau.


Karena kandungan nutrisinya, kacang hijau dapat membantu mencegah dan mengatasi maag. Kacang hijau dinilai baik bagi penderita maag karena tingginya kandungan serat. Serat pangan dalam kacang hijau terbagi menjadi serat larut (soluble fiber) dan serat tidak larut (insoluble fiber). Serat yang bisa dicerna oleh tubuh cenderung menarik cairan yang ada dalam makanan yang kita konsumsi. Cairan inilah yang membuat makanan mengembang dan membuat kita menjadi lebih cepat kenyang sekaligus membuat kita tidak mudah lapar kembali. Kondisi ini bisa membantu kinerja lambung lebih efektif. Sedangkan, serat yang tidak bisa dicerna tubuh bisa menurunkan gejala maag. Serat ini mampu mendorong makanan dan membersihkan saluran pencernaan. Hal inilah yang membuat risiko terkena masalah asam lambung dan maag menurun.


Agar bisa mendapatkan beragam manfaat kacang hijau bagi lambung untuk proses penyembuhan penyakit maag, Sobat VNN.co.id harus mengolah dan mengonsumsinya dengan benar. Di Indonesia, umumnya kacang hijau diolah menjadi bubur kacang hijau, gandasturi, dan bakpia. Bubur kacang hijau pun merupakan olahan yang sangat menyehatkan. Namun, orang yang mempunyai masalah lambung sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi olahan ini. Apalagi bila bubur kacang hijau menggunakan banyak santan. Kandungan lemak santan yang tinggi lemak jenuh bisa mengganggu pencernaan dan memicu peningkatan asam lambung. Kondisi ini malah memperparah penyakit maag yang Sobat VNN.co.id derita.


Jika Sobat VNN.co.id mengolah bubur kacang hijau, lebih baik hindari penggunaan santan atau makanlah dalam jumlah sewajarnya saja. Selain manfaatnya bagi penderita maag, kacang hijau juga kaya akan karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, seperti melancarkan pencernaan, menurunkan resiko penyakit jantung, menjaga berat badan, dan menurunkan kadar kolesterol. Dengan kandungan manfaat yang lengkap, maka tak heran bila banyak orang menyukai kacang hijau. 


Penulis: Qorina Lois Fadilla

Editor: Mega

TerPopuler

close