Lakukan 5 Tips Menabung yang Benar dan Efektif Biar Cepat Kaya -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Lakukan 5 Tips Menabung yang Benar dan Efektif Biar Cepat Kaya

, 10/20/2021 08:56:00 PM

 

Save money: Bondora.

Vnn.co.id, Gaya Hidup - Ada tips menabung yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan berhemat dan berinvestasi. Namun, kedisiplinan menetapkan target dan memonitor tabungan juga sangat dianjurkan aset kita makin bertambah. Dengan mengetahui tips menabung yang benar, kita bisa mencapai tujuan finansial dengan mudah. Mulai dari pengusaha, karyawan, mahasiswa, atau pelajar harus mengerti cara untuk menabung dengan baik untuk masa depan masing-masing. Tujuan menabung setiap orang bisa beragam. Ada yang ingin menabung untuk membeli rumah, menabung untuk biaya pernikahan, atau untuk menabung dalam satu tahun untuk tujuan jangka pendek.


Tips menabung pertama yang bisa kita aplikasikan adalah dengan menentukan tujuan yang jelas. Sehingga, kita akan lebih termotivasi untuk membiasakan diri dalam menabung. Berikut ini cara menabung yang dapat kamu ikuti:


1. Buat tujuan keuangan dan tujuan menabung berdasarkan jangka waktu


Tuliskan semua keinginan yang ingin kamu capai dengan menabung. Biasanya, semua orang akan menuliskan keinginan-keinginan, seperti membeli kendaraan, gadget baru, jalan-jalan, berangkat haji, atau menikah. Setelah itu menuliskan keinginan yang kita miliki, silakan jabarkan berdasarkan jangka waktu pencapaiannya.


2. Tentukan prioritas menabung dan pilih sesuai kebutuhan


Tidak semua hal yang diinginkan memiliki prioritas yang sama. Pastikan jujur pada diri sendiri dalam memberikan penilaian dan memilih sesuai dengan kebutuhan yang penting.


3.  Tentukan target angka dan waktu menabung


Cara menabung paling efektif adalah dengan mengetahui target serta waktu yang diperlukan agar tabungan kita tercapai.


Kita bisa memperkirakan harga barang yang kita minati, atau anggaran kasar total biaya. Kemudian, kita tentukan waktu menabung yang kita inginkan untuk mencapai tabungan tersebut.


4. Tips menabung berikutnya, kita bisa memanfaatkan kalkulator menabung


Sebagai perhitungan, kita anggap saat ini tabungan kita sebesar 10 juta rupiah dan kita ingin menabung hingga mencapai 100 juta rupiah. Jika kita menabung di bank dengan bunga 6% per-tahun selama 3 tahun (36 bulan), maka setiap bulannya kita harus menabung sebesar Rp 2.237.974. Kamu bisa mengubah angka di kalkulator untuk menyesuaikan dengan tujuan menabungmu.


  • Kalkulator Menabung Bulanan

Menghitung angka yang harus ditabung setiap bulan untuk mencapai target nilai akhir tabungan tertentu

Saldo Awal Saat Ini*

Rp10.000.000

 

Nilai Akhir Tabungan di Masa Depan*

Rp100.000.000

 

Persentase Bunga Tahunan (%)*

6%

 

Lama Menabung dalam Bulan*

36 Bulan

 

Tambahan Tabungan Setiap Bulan

Rp2.237.974

 

Silakan ganti angka di atas untuk menghitung kembali

 

5. Catat pemasukan dan pengeluaran saat ini


Uang untuk menabung pada dasarnya didapatkan dari pemasukan setelah digunakan untuk pengeluaran. Dengan memiliki pencatatan keuangan yang jelas, kita bisa mengerti bagaimana mengalokasikan anggaran untuk menabung. Apabila kamu baru saja bekerja, tips menabung bagi karyawan ini wajib kamu coba.


  • Catat pemasukan bulanan

Dimulai dengan mencatatkan pemasukan rutinmu setiap bulan, seperti gaji, keuntungan bisnis, pekerjaan sampingan, komisi penjualan, atau pemasukan lain yang didapatkan setiap bulannya. Jika memiliki penghasilan yang tidak tetap, kamu bisa memberikan nilai rata-rata yang cukup stabil sebagai estimasi.

 

  • Catat pengeluaran bulanan

Tips menabung berikutnya adalah dengan mencatat pengeluaran bulanan sedetail mungkin. Kita bisa mencari kembali rekam jejak pengeluaran dari tagihan kartu kredit, bukti transfer, atau nota belanja yang kita simpan. Setelah mencatat keduanya, kita bisa melihat berapa besar angka yang dapat kita tabung setiap bulannya. Contohnya seperti di bawah ini:

Pemasukan      Jumlah Pengeluaran     Jumlah

Gaji Tetap                   Rp10.000.000

Makan dan minum      Rp2.000.000

Keuntungan Bisnis      Rp2.000.000  

Listrik dan air              Rp500.000

Penghasilan Freelance Rp3.000.000  

Kebersihan dan rumah tangga            Rp1.000.000

Transportasi                 Rp800.000

Pulsa dan internet       Rp500.000

Belanja pakaian           Rp1.500.000

Wisata dan hiburan     Rp2.500.000

Cicilan utang               Rp2.000.000

Lain lain                      Rp500.000

Total Pemasukan         Rp15.000.000

Total Pengeluaran       Rp11.300.000

 

Dari simulasi sederhana seperti di atas, kita tahu bahwa kita dapat menabung sebesar Rp 15.000.000-Rp 11.300.000 = Rp 3.700.000 setiap bulannya.

 

  • Pastikan tabungan keuanganmu tetap sehat

 

Selain melihat pemasukan dan pengeluaran, pastikan kamu memiliki kondisi keuangan yang sehat. Untuk mengecek kesehatan keuanganmu, kamu bisa menggunakan fitur cek kesehatan keuangan yang sudah Lifepal buat. Tenang, gratis kok!

 

  • Hentikan kebiasaan buruk


Sekali dayung dua pulau terlampaui. Mumpung sedang berhemat, mengapa tidak sekalian saja menghentikan kebiasaan buruk merokok, minuman keras, atau ngemil ga sehat? Kita bisa menghemat, hidup lebih sehat, dan menabung lebih banyak!


  • Berbagi dan ringankan pengeluaran


Tidak semua pengeluaran perlu kita tanggung sendiri. Kita bisa berbagi pengeluaran dengan teman atau keluarga. Contohnya, jika ada rekan kerja yang tinggal berdekatan, kita bisa berangkat kerja bersama dan berbagi ongkos. Lumayan, kan bisa memotong setengah anggaran transportasi.

 

  • Membeli grosir dan dapatkan diskon

 

Kita bisa mendapatkan diskon untuk kebutuhan pokok dengan membeli dalam jumlah banyak. Contohnya, kebutuhan seperti sikat gigi, odol, sabun, tisu, dan lain-lain akan selalu habis terpakai. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencari diskon dan membeli dalam jumlah banyak sekaligus.

 

  • Hemat air dan listrik


Nah, ini yang paling sering kita lupakan ketika sedang berhemat. Kita tidak mencabut colokan listrik, lampu yang menyala di seluruh sudut rumah, atau AC yang lupa kita matikan, bisa membuat tagihan mahal.

 

Mandi dengan menggunakan shower bisa menghemat 3 kali lipat air jika dibandingkan dengan gayung, lho! Selain air, kita juga bisa menghemat listrik dengan mengganti lampu neon dengan lampu LED. Coba, deh kita cek lagi perabotan di rumah kita apakah bisa diganti dengan perabot yang memiliki konsumsi daya listrik lebih kecil dan hemat listrik?

 

  • Bawa bekal dan tidak jajan

Untuk karyawan atau mahasiswa, biasanya salah satu pengeluaran terbesar adalah untuk makan siang dan malam di restoran. Memasak sendiri dan membawa bekal dari rumah memang repot, tetapi kamu bisa hemat hingga 60% dari biaya makan dan minum, lho!

 

Cobalah tips di atas agar tujuan yang kamu inginkan tercapai. Tetap konsisten dan jangan mudah tergoda dengan barang-barang kecil dan tidak bermanfaat untuk dibeli.

 

Penulis: Isnatul fajar

 Editor: Mega

TerPopuler

close