COP26: Upaya Dunia Melawan Krisis Iklim bersama 197 Negara -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

COP26: Upaya Dunia Melawan Krisis Iklim bersama 197 Negara

, 10/29/2021 07:52:00 PM

 

Ilustrasi Perubahan Iklim (freepik.com).

Vnn.co.id, Tangerang - Dampak perubahan iklim yang melanda seluruh pelosok dunia saat ini sudah memburuk. Hal ini tentu saja akan merugikan seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Untuk mengatasi dampak-dampak buruk yang terjadi akibat krisis iklim tersebut, PBB bersama 197 negara akan menyelenggarakan konferensi ‘COP26’ untuk membahas mengenai perubahan iklim yang telah melanda dunia ini. Konferensi tersebut akan diselenggarakan di Glassgow, Britania Raya pada 31 Oktober 2021 hingga 12 November 2021.

 

Dilansir dari bbc.com, COP merupakan singkatan dari Conference of the Parties atau Pertemuan Para Pihak. COP adalah bagian dari Konvensi Kerangka Kerja PBB atas Perubahan Iklim, di mana di dalam konferensi tersebut akan membahas mengenai perubahan iklim yang terjadi dan bagaimana negara-negara di dunia berencana untuk menanggulanginya. Maksud dari nama ‘COP26’ sendiri adalah bahwa pertemuan yang akan diselenggarakan tahun ini merupakan pertemuan yang ke-26, sejak Konvensi PBB diberlakukan pada tahun 1994.

 

Pertemuan kali ini akan menjadi pertemuan tingkat tinggi pertama, sejak Persetujuan Iklim Paris yang ditandatangani pada 2015 atau dikenal sebagai Paris Accord, yang pada dasarnya adalah rencana kemanusiaan untuk menghindari bencana iklim. Dalam pertemuan kali ini akan ada evaluasi mengenai kemajuan yang telah dilakukan oleh negara-negara beserta kegagalannya.

 

Masih banyak isu mengenai perubahan iklim yang sampai saat ini masih belum terpecahkan dari pertemuan sebelumnya, COP25 yang diselenggarakan di Madrid, Spanyol. Isu yang belum terpecahkan tersebut ialah naiknya permukaan air laut yang perlahan akan menenggelamkan negara-negara pulau yang ada di dunia ini. Adanya kekeringan dan gelombang panas pun meresahkan para petani yang gagal panen.

 

Dilansir dari greenpeace.org, COP26 akan dihadiri oleh perwakilan dari berbagai negara, NGO (Non-Governmental Organization), pebisnis, grup keagamaan, ilmuwan, serta delegasi dari berbagai masyarakat termasuk juga media dari berbagai negara yang akan meliput pertemuan besar ini. COP yang berlangsung selama dua minggu itu akan dilaksanakan dengan struktur yang berbeda dari sebelumnya, di mana biasanya pertemuan akan diawali dengan negosiasi teknis, kali ini akan diawali dengan konferensi oleh para pemimpin dunia selama dua hari. Penyelenggara pertemuan ini juga masih mengupayakan keamanan serta kesehatan COP26, karena masih banyak negara yang sulit untuk mengakses vaksin Covid-19.

 

Salah satu agenda yang akan dilakukan dalam pertemuan ini ialah menyampaikan rencana pemotongan emisi guna menghentikan kenaikan suhu bumi 1,5° C di akhir abad ini. Untuk menyukseskan rencana pemotongan emisi tersebut di seluruh negara yang ada di dunia ini, sejumlah negara maju juga akan turut menjanjikan 100 milyar dollar per tahun kepada negara-negara miskin dan rentan demi membantu mereka untuk menekan emisi serta melindungi negaranya dari dampak krisis iklim.


Rep: Alfi Khaerotunnisa

Editor: Mega

TerPopuler

close