Utang Mencapai Rp 90 Triliun, WSKT Divestasi 9 Ruas Jalan Tol -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Utang Mencapai Rp 90 Triliun, WSKT Divestasi 9 Ruas Jalan Tol

, 9/02/2021 12:59:00 PM

 

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung: finance.detik.com

Vnn.co.id, Jakarta - PT Waskita Karya TBK (WSKT) melakukan rencana divestasi atau penjualan atas sembilan ruas jalan tol yang dikeola perseroan. Rencana ini dilakukan sebagai bentuk startegi menekan beban utang yang telah mencapai Rp 90 triliun. 


Seperti yang dikabarkan pada CNBC Indonesia, Destian Soewardjono, Direktur Utama Waskita kaya mengatakan, rencana divestasi ini sebelumnya sempat tertunda akibat Covid-19. Sehingga, dari target sembilan jalan tol baru empat ruas jalan tol yang sudah terealisasi. Sebelumnya, memang PT Waskita Karya dengan anak usahanya PT Waskita Toll Road telah melalukan proses divestasi atau penjualan atas 30 persen saham PT Jasa Marga Kualanamu Tol Kepada investor asal Hong Kong, Kings Ring Ltd. Transaksi ini dilakukan pada jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan diperkirakan mencapai nilai transaksi sebesar Rp 824 miliar. 


”Target kami 2021 ada empat ruas tapi karena kondisi, kami hanya bisa melepas yang 100 persen beroperasi,” ungkap Destian dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI RIR di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (1/9/2021). 


Target dari Sembilan ruas jalan tol juga dirincikan mayoritas berada di Pulau Jawa dan dikelola oleh anak usaha perseroan, PT Waskita Toll Road (WTR), yakni ruas Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Pasuruan-Probolinggo, Cimanggis-Cibitung, Cibitung-Cilincing, dan Ciawi-Sukambumi. Selanjutnya seperti yang dikabarkan bahwa di luar pulau jawa ialah ruas tol Medan-Kualanamu. 


Dana segar yang nantinya diperoleh PT Waskita Karya dari hasil divestasi ini akan dialokasikan untuk memenuhi kewajiban utang perseoran kepada kreditur, dan sisanya ialah digunakan sebagai tambahan modal kerja dan investasi proyek infrastruktur lainnya. 


Destian juga menjelaskan bahwa proses divestasi yang PT Waskita Karya lakukab ini tidak melepas dengan kondisi merugi, divestasi akan dilakukan empat ruas, untuk mendapatkan keuntungan. Prosesnya yang dilakukan memang membutuhkan waktu, karena dampak pandemi Covid-19 saat ini. 


Sebelumnya diketahui, pada pertengahan bulan Juli lalu, PT Waskita Toll Road (WTR) telah menjual seluruh kepemilikan saham jalan tol Cibitung-Cilincing kepada PT Akses Pelabuhan Indonesia dengan nilai transaksi mencapai Rp 2,49 triliun. Proses penjualan jalan tol ini (divestasi) ditargetkan selesai pada triwulan III tahun 2021. Dengan adanya proses dari divestasi CTP ini, PT Waskita memperkirakan dapat menurunkan utang melalui dekonsolidasi hingga Rp 5 triliun. 


Sementara itu, seperti yang dikabarkan oleh CNN Indonesia, pada bulan April lalu, terkait penjualan tol Medan-Kualanamu-Tebing, PT waskita Toll Road dan Kings Ring Ltd telah menandatangani kesepakatan jual-beli. PT Waskita Toll Road (WTK) merupakan pemegang konsesi ruas tol sepanjang 61,7 kilometer tersebut.


Acara penandatanganan juga diselenggarakan di lantai 21 gedung Kementrian BUMN, Jakarta (22/4/2021). Dimana PT Waskita Toll Road diwakili oleh Direktur Utama Septiawan Andri Purwanto dan Kings Ring Ltd diwakili oleh CEO dari Road King Expressway Fung Tat sun Patrick. 


Sebagaimana yang diketahui, PT Waskita merupakan salah satu investor infrastruktur konektivitas terbesar di Indonesia dengan kepemilikan, yaitu 17 ruas jalan tol dengan total panjang mencapai 909 KM. Berdasarkan laporan keuangan Waskita per September 2020 seluruh asset jalan tol Waskita bernilai lebih dari Rp 60 triliun. 


Rep: Nisrina Fithriyah

Red: Mega

TerPopuler

close