Tumbuhkan Keterampilan, Mahasiswi KKN UNISMA Bekasi Gelar Pelatihan Desain Grafis di Kampung Bogor Kepu -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Tumbuhkan Keterampilan, Mahasiswi KKN UNISMA Bekasi Gelar Pelatihan Desain Grafis di Kampung Bogor Kepu

, 9/13/2021 11:50:00 AM

Mahasiswi KKN Unisma Bekasi Saat Melakukan Pelatihan Desain Grafis di Kampung Bogor Kepu (foto : Nada)


Vnn.co.id, Kota Bekasi - Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi, Nada Muthiah Shabirah, berhasil menggelar program pelatihan desain grafis di RT 1 RW 9 Kampung Bogor Kepu, Kelurahan Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

Program tersebut bertujuan untuk menumbuhkan keterampilan masyarakat dalam bidang desain grafis, sehingga dapat menciptakan peluang usaha di era digital saat ini.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara luring dan daring yang diikuti oleh 10 orang peserta dan dimulai dari tanggal 28 Agustus - 4 September 2021.


Mahasiswi KKN Unisma Bekasi Saat Melakukan Pelatihan Desain Grafis Melalui Google Meet (foto : Nada)


Pertemuan pertama dilakukan secara luring pada Sabtu (28/8/21), di salah satu rumah warga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pada pertemuan ini, dilakukan pengenalan dasar desain grafis yang dijelaskan langsung oleh pemateri, Hasna Nabilah selaku Graphic Designer.

"Desain grafis sangat dibutuhkan di berbagai sektor industri, terutama di era digital seperti sekarang ini," jelas Hasna.

Oleh karena itu, adanya pelatihan desain grafis ini diharapkan dapat menjadi peluang bagi peserta dalam menumbuhkan keterampilannya sehingga mampu bersaing di berbagai sektor industri.

Pertemuan berikutnya dilakukan pada Minggu (29/8/21), secara daring melalui Google Meet dan WhatsApp Group (WAG) yang sudah disediakan. Dalam kesempatan ini, dilakukan pengenalan aplikasi Canva terlebih dahulu, kemudian dilanjut dengan tata cara penggunaannya.


Ketua RT Saat Memasang Poster 6M Sebagai Bentuk Kampanye Bersama Lawan Covid-19 (foto : Nada)


Pada kesempatan yang sama, mahasiswi KKN Unisma Bekasi ini juga melakukan sosialisasi mengenai penerapan protokol kesehatan 6M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas, Menghindari Makan Bersama). Hal itu dilakukan terkait dengan tema desain poster yang dibuat oleh peserta.

"Sebagai bahan evaluasi, peserta diberi kesempatan untuk membuat desain poster yang menarik dan kreatif dengan tema protokol kesehatan 6M. Dengan harapan tidak hanya dapat mengimplementasikan materi yang telah disampaikan, namun juga mampu memahami dan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini," ujar Nada.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diberi waktu selama 4 (empat) hari untuk membuat desain poster, mulai dari tanggal 31 Agustus - 3 September 2021. Pengumpulan poster dilakukan secara daring melalui WhatsApp.


Mahasiswi KKN Unisma Bekasi Bersama Salah Satu Peserta Terbaik (foto : Nada)


Selain itu, materi dalam bentuk video tutorial pun dikirimkan kepada peserta melalui WAG. Hal tersebut bertujuan agar peserta dapat menyimak materi kapan pun dan di mana pun.

Salah satu peserta, Manih, merasakan manfaat dari program pelatihan ini. Ia mengungkapkan dapat mengenal aplikasi Canva dan memperoleh pengetahuan baru mengenai pembuatan desain grafis menggunakan aplikasi tersebut.

Pertemuan terakhir diadakan secara luring pada Sabtu (4/9/21). Adapun kegiatan yang dilakukan adalah pembagian masker dan pemasangan poster 6M yang dilakukan di depan rumah ketua RT, sebagai bentuk kampanye bersama lawan Covid-19. Kemudian diakhiri dengan pembagian hadiah kepada peserta pelatihan yang telah berhasil membuat desain poster.


Penulis : Nada Muthiah Shabirah (Mahasiswi KKN Unisma Bekasi)

Red : Ramdhan

TerPopuler

close