Tingkatkan Edukasi Masyarakat, Mahasiswa KKN UNISMA Bekasi Gencarkan Program Pelatihan Jurnalistik dan Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Tingkatkan Edukasi Masyarakat, Mahasiswa KKN UNISMA Bekasi Gencarkan Program Pelatihan Jurnalistik dan Sosialisasi Vaksinasi Covid-19

, 9/17/2021 05:43:00 PM

Program Pelatihan Penulisan Berita, Mahasiswa KKN Unisma Bekasi (foto : Qalbi)


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi, Muhammad Qalbi, sukses menjalankan program pengabdian kepada masyarakat dengan menjalankan 2 program utama, yaitu program berbasis keilmuan dan program edukasi Covid-19.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 1 bulan sejak tanggal 17 Agustus sampai 18 September 2021, kali ini dilakukan dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagian kegiatan dilakukan dengan metode daring. Mengusung tema "Program Edukatif Mahasiswa KKN Unisma di Lingkungan Perumahan Griya Setu Permai RW 10, Desa Ciledug, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Terkait Dunia Jurnalistik dan Vaksinasi".

Muhammad Qalbi, mahasiswa KKN Unisma Bekasi yang berasal dari Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa, berharap agar masyarakat dapat memahami program-program yang diberikan selama masa KKN berlangsung, baik secara tatap muka maupun daring.

Pada program pertama, dilakukan secara daring mulai dari tanggal 11 September - 12 September 2021 dengan memberikan pengenalan tentang dunia jurnalistik, tahapan yang diberikan mulai pengenalan tentang berita dan metode penulisan berita yang baik dan benar. Sebanyak 11 peserta yang mengikuti pelatihan jurnalistik.


Kegiatan Pelatihan Menulis Berita, Mahasiswa KKN Unisma Bekasi (foto : Qalbi)


"Masyarakat harus bisa mengerti tentang berita, apa yang dimaksud dengan berita, bagaimana menulis berita dengan baik. Dan cara masyarakat memfilter berita-berita hoax yang saat ini banyak bertebaran di kalangan masyarakat," kata Qalbi.

Selain itu, mahasiswa KKN Unisma Bekasi ini mengadakan lomba jurnalistik kepada peserta yang tergabung dalam pelatihan jurnalistik, yaitu pelajar SMA/SMK di lingkungan RW 10. Dengan tujuan agar materi-materi yang diberikan kepada para peserta mampu diterima dengan baik, sekaligus untuk memotivasi para peserta agar semangat dalam menulis dan menyampaikan berita yang sifatnya edukatif kepada masyarakat luas.


Kegiatan Sosialisasi Terkait Vaksinasi Agar Tercapainya Herd Immunity (foto : Qalbi)


Kemudian pada program kedua masih dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting pada 13 September dan 15 September 2021, kali ini mahasiswa memfokuskan program edukasi Covid-19 kepada masyarakat RW 10 dengan tujuan memberikan pemahaman terkait pentingnya melakukan vaksinasi demi tercapainya herd immunity. Dengan 11 peserta yang terdiri dari beberapa RT yang mengikuti sosialisasi melalui Zoom Meeting dirasa cukup maksimal menyampaikan pemahaman terkait edukasi vaksinasi Covid-19.

Materi yang disampaikan dibantu oleh Nakes dari RS Satria Medika, Santi Nurva, A.Md.Keb., kepada masyarakat yang dimulai dari penyampaian perkembangan Covid-19 di Indonesia, pemahaman terkait manfaat vaksinasi, dan mengajak masyarakat untuk mengkampanyekan dukungan vaksinasi kepada masyarakat luas melalui media sosial.

Disela-sela program kedua, Qalbi terjun langsung membagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat yang berada di lingkungan tempat tinggalnya. Hal itu mendapat respon positif dari masyarakat yang menerima manfaat dari pemberian masker dan hand sanitizer. "Terima kasih untuk mahasiswa KKN Unisma Bekasi atas masker dan hand sanitizernya dalam program sosialisasi protokol kesehatan Covid-19," ungkap Putra, salah satu pelajar yang berada di RW 10.


Kegiatan Pembagian Masker dan Hand Sanitizer Kepada Masyarakat (foto : Qalbi)


Diakhir kegiatan, banyak masyarakat yang mengapresiasi dari program yang dijalankan oleh Muhammad Qalbi, karena dirasa sangat membantu masyarakat dalam memberikan edukasi dan ilmu yang bermanfaat. Qalbi juga berharap agar program yang telah disampaikan sebelumnya dapat terus dikembangkan dan berkelanjutan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat.

Ketua RW 10, Adlis Gucci, menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa KKN Unisma Bekasi yang telah banyak membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu mentaati protokol kesehatan dan juga memberikan ilmu tentang jurnalistik yang sebelumnya banyak masyarakat belum memahami tentang jurnalistik.

"Terima kasih kepada Qalbi sebagai mahasiswa KKN Unisma Bekasi, program yang diberikan kepada masyarakat RW 10 sangat bermanfaat dan menambahkan ilmu baru bagi masyarakat. Semoga programnya bisa terus dijalankan meskipun pelaksanaan KKN sudah selesai. Terima kasih juga kepada Unisma Bekasi yang telah mendidik mahasiswanya menjadi hebat dan bermanfaat dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat," ujar Ketua RW 10, Adlis Gucci.


Penulis : Muhammad Qalbi (Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi - FKSB KKN Unisma Bekasi)

Red : Ramdhan

TerPopuler

close