Ternyata Kebiasaan-Kebiasaan Ini Bikin Kulit Kering, loh! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ternyata Kebiasaan-Kebiasaan Ini Bikin Kulit Kering, loh!

, 9/24/2021 06:56:00 PM

 

IDNtimes.

Vnn.co.id, Gaya Hidup - Perubahan kondisi kulit merupakan suatu hal yang wajar terjadi, hal ini bisa tergantung dari makanan, penggunaan produk skincare, maupun kondisi cuaca.


Memiliki kulit yang kering tentunya akan membuat kita merasa frustasi, terutama jika Anda tidak mengetahui apa penyebab yang membuat kulit Anda kering. Kulit kering sendiri memiliki ciri dengan kulit berwarna kemerahan, terasa tegang, serta mudah muncul rasa gatal atau perih saat terjadi gesekan ringan maupun temperatur udara dingin.


Biasanya, kulit kering tidak tampak adanya pori-pori, tetapi kulit cenderung lebih kasar, kemerahan, banyak garis kerutan di area wajah saat kulit ditarik.


Akhir-akhir ini, perubahan cuaca sering disalahkan atas kondisi kulit yang cenderung kering. Padahal, kebiasaan sehari-hari yang sering kita lakukanlah tanpa sadar bikin kulit menjadi kering.


Simak kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa membuat kulit kering, dilansir oleh CNNindonesia:


1. Sering mandi air hangat


Mandi air hangat memang disarankan untuk meredakan ketegangan, dan menghilangkan rasa lelah setelah banyak beraktivitas di luar ruangan, sehingga dapat membantu tidur lebih nyenyak.


Namun perlu diperhatikan, air hangat hingga panas bisa membuat kulit kering terlebih jika terlalu sering dilakukan, ditambah Anda terlalu lama berendam di air panas. Karena air hangat dapat mengikis minyak alami kulit dan merusak skin barrier.


2. Eksfoliasi berlebihan


Eksfoliasi dengan lulur atau scrub di tubuh, juga penggunaan eksfoliasi kimia pada wajah berpotensi bikin kulit kering. Tujuan awal hal ini adalah untuk mengangkat sel kulit mati.


Namun berkat sensasi menyenangkan, kulit akan terasa lebih bersih, maka orang akan cenderung lebih sering melakukannya.


Eksfoliasi sendiri sebaiknya dilakukan tidak lebih dari dua kali seminggu.


3. Kurang Minum


Mencukupi kebutuhan cairan sangat disarankan agar organ-organ tubuh berfungsi optimal. Saat tubuh cukup terhidrasi, demikian juga dengan kulit.


Tubuh yang dehidrasi akibat kurang minum atau kekurangan cairan akan menunjukkan tanda-tandanya, salah satunya adalah kulit menjadi kering hingga bersisik. Minum lebih banyak memang tidak secara instan memberikan ‘minum’ buat kulit tetapi mendukung kesehatan kulit.


Cukupi asupan cairanmu agar tubuh tetap terhidrasi dan kulit menjadi lebih lembab dan sehat.


4. Menunda aplikasi pelembap


Salah satu Langkah untuk menjaga kelembapan kulit adalah dengan penggunaan pelembap. Namun, jika penggunaan pelembap tetap membuat kulit kering, maka cek lagi waktu penggunaannya.


Sebaiknya pelembap digunakan pada tubuh maupun wajah segera setelah mandi. Kondisi kulit masih cukup lembap dari air saat mandi, kemudian gunakan lotion atau pelembap, hal ini akan menggantikan kelembapan yang hilang sekaligus menguncinya.


Wah! ternyata kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang sering kita lakukan dapat menimbulkan kulit kering, bukan cuma karena cuaca, lho. Yuk, perbaiki kebiasaan kita yang dapat memicu kulit kering agar kulit lebih lembap dan sehat.

 

Penulis: Canda Christie

Editor: Mega

TerPopuler

close