Pembelajaran Design Grafis dan Penerapan Protokol Kesehatan dalam Kegiatan KKN Mahasiwa UNISMA Bekasi -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Pembelajaran Design Grafis dan Penerapan Protokol Kesehatan dalam Kegiatan KKN Mahasiwa UNISMA Bekasi

, 9/15/2021 03:43:00 PM

Kegiatan KKN-DT Mahasiswa Unisma Bekasi Giat Sosialisasi Mengajak Anak-anak dan Remaja Mematuhi Protokol Kesehatan (3/9/21) (foto : Faruq)


Vnn.co.id, Kota Bekasi - Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi menggelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata – Domisili Tinggal (KKN - DT) yang selalu diadakan setiap tahun sebagai program pengabdian kepada masyarakat. Program KKN mahasiswa disesuaikan dengan pandemi seperti saat ini, kegiatan dilakukan secara daring dan berdasarkan domisili tempat tinggal masing-masing mahasiswa.

KKN-DT dilaksanakan selama 1 bulan mulai terhitung dari tanggal 17 Agustus 2021 sampai 18 September 2021. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, KKN tahun ini memakai tema "Program Inovatif KKN-DT Berbasis Digital dan Online Training on Community Service Dalam Optimalisasi Kemampuan Masyarakat Menghadapi Pandemi Covid-19".

Unisma Bekasi melepas sebanyak 442 mahasiswa untuk melaksanakan program KKN-DT ini. Salah seorang peserta KKN-DT yaitu Muhammad Faruq dari Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa yang tergabung dalam kelompok 12 mengusung kegiatan "Pelatihan Design Grafis dan Sosialiasi Protokol Kesehatan Bahaya Covid-19" di RT 02 Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.


Kegiatan Praktek Mencuci Tangan Dengan Baik dan Benar Dilakukan Dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan, Jum'at (3/9/21) (foto : Faruq)


Kegiatan KKN-DT yang dilakukan pada minggu pertama yaitu sosialisasi protokol kesehatan dan bahaya Covid-19, dalam pelaksanaan program kegiatan tersebut, terdapat sesi pemberian materi yang dilakukan secara daring untuk menghindari kerumunan serta output dari hasil kegiatan tersebut adalah peserta pelatihan melakukan apa yang telah disampaikan oleh pemateri. Kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar karena peserta pelatihan memahami bahaya dari covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan yaitu 5M (Menjaga jarak, Mencuci Tangan, Menjauhi Kerumunan, Memakai Masker, Membatasi Mobilitas).

Seiring perkembangan teknologi yang kian hari semakin maju, kehidupan manusia tidak lepas dari kemajuan teknologi mengingat zaman sudah berkembang pesat. Keberadaan teknologi telah mempengaruhi masyarakat dan lingkungan disekitarnya.

Pada minggu ke 2 program KKN-DT adalah Pelatihan Design Grafis membuat poster menggunakan aplikasi Canva, penyampaian materi dilakukan dengan menggunakan aplikasi meeting online yaitu Zoom, hal ini dilakukan guna menghindari kerumunan yang dapat mengakibatkan terpapar virus Covid-19, pelatihan ini dilakukan selama 4 hari dengan total peserta 13 orang, terhitung hari pertama pada hari Senin (6/9) sampai dengan Kamis(9/9).


Kegiatan Pelatihan Design Grafis, Membuat Poster Menggunakan Aplikasi Canva, Senin (6/9/21) (foto : Faruq)


"Kegiatan ini dilatar belakangi karena masih banyak remaja sekitar yang masih bingung dengan aplikasi yang mudah digunakan tanpa harus menggunakan laptop untuk design grafis," ujar Faruq.

Selama kegiatan KKN- DT Pelatihan Design Grafis, para peserta pelatihan sangat antusias terhadap materi yang disampaikan karena mereka sebelumnya tidak mengetahui tentang aplikasi Canva yang digunakan sebagai aplikasi design grafis. Setelah selesai, kegiatan tersebut ditutup dengan sesi tanya jawab kepada pemateri dan output dari hasil kegiatan tersebut adalah peserta pelatihan mempraktikan dengan memberikan hasil design posternya, guna memberikan semangat pemateri memberikan reward kepada peserta pelatihan yang membuat design paling bagus.

Selama kegiatan KKN berlangsung banyak sekali respon positif dari masyarakat, dan semoga dari kegiatan pembelajaran design grafis dan penerapan protokol kesehatan mampu mengurangi terpaparnya virus Covid-19 dan kemampuan literasi design grafis masyarakat terutama dikalangan remaja yang bisa juga digunakan sebagai waktu luang yang bermanfaat.



Penulis : Muhammad Faruq (Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi-FKSB KKN Unisma Bekasi)

Red : Ramdhan

TerPopuler

close