Motivasi Bisnis di Masa Pandemi dari Sebuah Film -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Motivasi Bisnis di Masa Pandemi dari Sebuah Film

, 9/03/2021 03:29:00 PM

 

Ilustrasi Bisnis (Freepik.com).

Vnn.co.id, Tangerang – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memberikan dampak ke berbagai sektor, salah satunya ekonomi. Di masa pandemi ini, para pelaku usaha dihadapkan dengan berbagai rintangan, di mana mereka yang semula dapat berniaga secara leluasa di toko. Namun, adanya pembatasan sosial yang diterapkan sebagai upaya penanganan Covid-19 membuat mereka kesulitan untuk berdagang di toko, alhasil mereka diharuskan memutar otak agar dapat menghindari kerugian yang besar.

 

Seperti halnya yang dialami oleh salah satu pebisnis muda bernama Liya Apriyani, ia adalah seorang pelaku usaha di bidang busana muslim. Liya mengatakan bahwa selama masa pandemi ini pendapatan yang dihasilkan dari usahanya mengalami banyak penurunan karena terbatasnya ruang untuk berdagang dan hanya mengandalkan pasar daring saja (Online Market Place) yang membuatnya harus berusaha lebih keras lagi dalam sisi promosi di media online.

 

“Dulu bisa jualan di tempat umum, seperti kampus, sekolah, tapi sekarang pembelian jadi berkurang karena hanya mengandalkan di online market place dan pembeli juga jarang dateng ke tempat. Jadi, harus buat konten menarik untuk produk dan menggencarkan dari segi iklan dengan promosi berbayar di Instagram Ads, Facebook Ads, dan Google,” jelas Liya dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (09/03).

 

Naik-turun dalam berbisnis adalah hal yang biasa. Dalam merintis bisnis, para pelaku usaha sudah seharusnya siap dengan kondisi apapun yang akan dihadapinya saat menjalankan bisnisnya. Tidak banyak para pelaku usaha yang pada akhirnya menghentikan bisnis mereka ketika dihadapkan oleh suatu kondisi yang membuat bisnisnya sulit. Dalam hal ini, yang diperlukan oleh pebisnis adalah motivasi agar ia kembali semangat dalam menjalankan bisnisnya kembali.

 

Motivasi dalam berbisnis bisa muncul dan datang dari mana saja, salah satunya ialah dari sebuah film. Seperti film yang berjudul “JOY”, film ini adalah film Amerika yang rilis pada tahun 2016 dan diproduseri oleh sutradara ternama, yaitu David O. Russell. Film “JOY” ini diangkat dari kisah nyata yang menceritakan mengenai perjuangan seorang ibu rumah tangga beranak satu dalam merintis bisnisnya dari awal, bagaimana ia menghadapi segala kesulitan–kesulitan dalam bisnis seorang diri, seperti penipuan, hutang, kesulitan dalam promosi, dan kesulitan–kesulitan lainnya.

 

Film ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai motivasi oleh para pelaku usaha agar tidak menyerah begitu saja ketika menghadapi sebuah masalah dalam menjalankan bisnis, seperti yang dilakukan oleh Liya Apriyani, ia menjadi lebih semangat dan tidak mudah menyerah dalam menjalankan bisnis setelah menonton film berjudul “JOY” ini.

 

“Film Joy itu bagus banget, bikin yang nonton ikut merasakan perjuangan dari seorang wanita dalam berbisnis walaupun memiliki peran ganda sebagai ibu rumah tangga. Film ini jadi pelajaran bagi saya yang sedang mengembangkan usaha agar lebih semangat dan tidak mudah menyerah jika mengalami berbagai kesulitan dalam bisnis karena semua butuh proses untuk berkembang,” kata Liya.

 

Beberapa poin yang dapat dipelajari dari film “JOY” yang dapat membantu kita dalam merintis bisnis, diantaranya:


1. Siapkan ide bisnis yang matang

2. Siapkan modal

3. Temukan investor yang tepat

4. Temukan rekan bisnis yang tepat

5. Lakukan promosi dengan benar dan tepat

6. Pantang menyerah!

 

Bukan hanya mengenai bisnis saja yang dapat dipelajari dari film ini, juga pelajaran hidup yang benar–benar berharga. Film ini memiliki pesan di mana kita tidak boleh menyerah sedikit pun ketika akan menggapai impian kita, tidak peduli meskipun masalah selalu datang bertubi-tubi, tidak ada satu pun orang yang mendukung usaha kita, bahkan ketika orang–orang meremehkan kita atas segala usaha yang kita lakukan, kita harus tetap bangkit berdiri.

 

Rep: Alfi Khaerotunnisa

Red: Mega

TerPopuler

close