Kegemukan Informasi? Berikut 7 Cara Mengatasinya -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Kegemukan Informasi? Berikut 7 Cara Mengatasinya

, 9/28/2021 09:12:00 PM
Ilustrasi Informasi Digital Saat Ini.


Vnn.co.id, Teknologi - Di mana saja dan kapan saja, Anda bisa mengakses informasi dengan mudah. Bahkan, tanpa mengaksesnya, informasi tersebut tersedia langsung atau datang kepada Anda. Di sisi lain, informasi yang ada tidak hanya terdiri dari satu versi, tetapi juga memiliki banyak versi yang berbeda sesuai dengan penulis dan media yang mengeluarkan. Belum lagi dari sekian banyak informasi terdapat banyak informasi hoax yang semakin menambah jumlah informasi yang tersedia sekali pun itu merupakan info tidak benar. 


Sebagaimana dilansir dari projectmanager, Kondisi ini dapat dijelaskan sebagai kondisi kelebihan informasi atau disebut dengan kegemukan informasi. Secara ilmiah, banyak yang menyebutnya dengan infobesitas, intoksikasi, kecemasan informasi, dan ledakan informasi. Keadaan ini dapat mengganggu ketika Anda perlu membuat keputusan penting berdasarkan informasi yang Anda cari.


Pada 2000, Psikolog Sheen Iyengar dan Mark Lepper melalui penelitiannya yang diterbitkan dengan judul When Choice Is Demotivating, mereka menemukan perilaku konsumen saat ditawari berbagai macam selai berbeda dengan tampilan yang lebih kecil. Sementara pilihan besar menarik lebih banyak minat, konsumen akhirnya membeli dari penawaran pilihan yang lebih sedikit. Hal ini menunjukkan bahwa orang lebih baik dalam membuat keputusan ketika ada lebih sedikit pilihan untuk dipilih. 


Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini:


1. Cabut Sumber Informasi


Sebagian besar dari kita menghabiskan kehidupan kerja secara online untuk beberapa kapasitas atau mencerna petak besar data. Kemudian kita pulang dan menyedot lebih banyak informasi, jatuh ke dalam lubang hitam internet atau media sosial. Untuk itu, bantulah otak Anda dan matikan komputer atau HP Anda selama beberapa jam setiap hari, dan pastikan untuk menonaktifkan notifikasi yang mengganggu itu. Luangkan waktu untuk tidak melakukan apa-apa. Jadi, malas dalam memperoleh informasi pada jam tersebut. Bahkan, Anda juga bisa menghindari koran atau buku. 


2. Kelola Informasi Anda


Mencabut kabel mungkin bukan pilihan di tempat kerja, jadi Anda harus mengambil pendekatan lain. Ada gempuran informasi di tempat kerja, tetapi itu tidak berarti Anda harus segera menanggapinya saat informasi itu masuk ke dalam kotak masuk Anda. Dalam hal ini, Anda dapat lebih selektif dan prioritaskan informasi tertentu.


Saat Anda menerima email, kemungkinan besar Anda dapat mengetahui dari baris subjek apakah email tersebut memerlukan tanggapan cepat atau Anda dapat mengesampingkannya untuk sementara waktu. Kemudian, memiliki periode khusus pada siang hari di mana Anda dapat pergi melalui korespondensi Anda. Jangan lupa filter spam untuk menjaga volume agar tetap masuk akal. Ini adalah teknik dan alat utama untuk manajemen email.


3. Libatkan Semua Orang


Ada begitu banyak pekerjaan yang dapat Anda lakukan sendiri di kantor. Meskipun penting untuk mengontrol informasi yang melintasi meja Anda, ada juga data yang lebih kolektif yang berada di luar kekuasaan Anda. Anda dapat menciptakan strategi informasi di tempat kerja. Dapatkan dukungan dari rekan kerja, yang harus terbuka terhadap alasan apa pun untuk mengurangi pertukaran informasi yang tidak perlu. Itu bisa berarti menjaga dokumen seminimal mungkin dan hanya ketika penting dan menjaga rapat tetap pada titik dengan memiliki agenda yang jelas dan spesifik. Tentu saja, memutakhirkan perangkat lunak manajemen proyek Anda juga dapat membantu mengurangi langkah-langkah yang tidak perlu.


4. Tetap Sederhana


Informasi menjadi mubazir jika diduplikasi. Anda tidak memerlukan salinan dari semuanya, dan Anda tentu tidak ingin mendapatkan pemberitahuan yang sama berulang-ulang. Oleh karena itu, lakukan yang terbaik untuk memastikan orang tahu cara menghubungi Anda, sehingga mereka tidak membanjiri setiap saluran yang dapat menghubungi Anda untuk memastikan Anda mendapatkan catatan mereka.


Itu berarti, jelaskan secara eksplisit apakah Anda lebih suka email, teks, atau bentuk komunikasi lainnya. Jika mereka membutuhkan konfirmasi, biarkan mereka memberi tahu Anda sehingga Anda dapat merespons, daripada meminta mereka menelepon Anda untuk memastikan Anda telah menerima surat resmi mereka. Sungguh luar biasa betapa banyak informasi yang didapat seseorang yang hanya mengatakan hal yang sama di platform yang berbeda. 


5. Bersihkan Pikiran Anda


Sama halnya dengan rumah, secara berkala rumah perlu rutin disapu untuk menghindari debu atau kotoran. Jika Anda tidak menjernihkan pikiran, informasi penting akan lebih sulit membersihkan rintangan dari semua puing-puing mental itu. Oleh karena itu, "pembuangan otak" biasa adalah cara yang bagus untuk mengatur ulang kepala Anda dan menjaga agar informasi buruk itu tidak berlebihan. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah cara kuno, dengan pena dan kertas. Tuliskan setiap pikiran yang mengganggu pekerjaan Anda. Aneh, tetapi begitu mereka di atas kertas, mereka keluar dari kepala Anda. Dalam arti tertentu memungkinkan otak Anda untuk fokus pada hal-hal lain karena Anda telah menyimpan informasi dan memblokirnya di atas kertas, hard drive eksternal asli.


6. Tetapkan Batas


Anda dapat menentukan batasan pada diri Anda sendiri. Satu masalah dengan kegemukan informasi adalah bahwa dalam satu hari selalu ada informasi yang lebih banyak dan mudah diakses dari berbagai sumber, seperti orang lain di kantor, komentar hingga opini, dan kata-kata kasar di media sosial, TV, radio, informasi berita, dan lain-lain. Anda bisa mengakhirinya dengan strategi manajemen waktu, yaitu memberi batasan, kutipan mana yang berharga dan mana yang tidak, berapa banyak waktu yang layak untuk membuat keputusan dari berbagai informasi. Dalam hal ini, Anda perlu fokus pada subjek yang ada, jangan melakukan banyak tugas, tetapi berikan pertanyaan waktu yang layak dan kemudian tarik pelatuk pada keputusan.


7. Persiapkan untuk Hari Berikutnya


Hal penting selanjutnya setelah Anda melewati satu hari tanpa informasi yang berlebihan, adalah  menyiapkan hari berikutnya untuk menjadi sukses seperti hari ini. Hal ini harus menjadi latihan sehari-hari, paling baik dilakukan sebelum Anda berangkat kerja, jika Anda memikirkan kantor, atau sebelum tidur, jika targetnya lebih pribadi. Fokus ini adalah cara yang disiplin untuk menjaga agar informasi yang berlebihan tetap terkendali. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat daftar beberapa tugas teratas yang harus Anda selesaikan pada hari berikutnya. Prioritaskan mereka dalam daftar untuk mengumpulkan pemikiran Anda tentang hari yang akan datang, yang juga akan membantu Anda tidak membuang waktu atau energi untuk terlalu memikirkan pekerjaan atau tidak dapat mengelolanya karena itu cepat jatuh tempo dan bernapas di leher Anda.


Penulis: Shania Dea Menany Soputan

Editor: Mega

TerPopuler

close