Ini Cara Efektif Memutihkan Kulit secara Alami -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ini Cara Efektif Memutihkan Kulit secara Alami

, 9/25/2021 07:13:00 PM

 

Ilustrasi kulit cerah: beautynesia.

Vnn.co.id, Kesehatan - Ingin punya kulit yang lebih putih dan sehat? Tidak perlu perawatan mahal. Berikut ini cara memutihkan kulit secara alami yang bisa Anda terapkan di rumah! Banyak orang berusaha mendapatkan kulit cerah dengan menggunakan produk kecantikan atau perawatan mahal di salon. 


Adakah cara memutihkan kulit secara alami yang terbukti aman dan efektif? Ada! Perlu diingat, memutihkan kulit yang aman adalah tidak dengan mengubah warna alaminya. Namun, lebih fokus pada membuat kulit tampak lebih cerah, sehat, dan bersinar.


1. Minum Air Putih Secara Teratur


Air putih tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga efektif untuk merawat kulit. Minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu melawan garis-garis halus, kerutan, dan menghilangkan tanda-tanda penuaan.  Oleh sebab itu, minumlah setidaknya delapan gelas air putih dalam sehari. Anda juga bisa menambahkan irisan lemon ke dalam air tersebut, untuk hasil yang lebih baik.

2. Hindari Paparan Matahari Langsung

Sinar matahari memang sumber vitamin D alami terbaik. Namun, paparan sinar matahari secara berlebihan malah bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit. Agar kulit terlindungi dari paparan ultraviolet (UV) matahari, Anda perlu menggunakan tabir surya dengan minimal 30 SPF. Hal tersebut perlu dilakukan sekali pun Anda di dalam rumah ataupun beraktivitas di bawah cuaca mendung.

3. Pentingnya Eksfoliasi atau Pengelupasan


Hal yang sangat penting dilakukan yaitu eksfoliasi wajah dan seluruh tubuh dengan interval yang teratur. Hal tersebut dapat dilakukan dengan bantuan garam mandi dan lulur ringan.  Eksfoliasi kulit wajah harus dilakukan sekitar dua hingga tiga kali dalam seminggu.  Eksfoliasi bertujuan untuk mengeliminasi lapisan kotoran dan sel-sel kulit mati, yang menjadi penyebab kulit tampak gelap.


4. Menggunakan Virgin Coconut Oil


Cara membuat kulit putih alami yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan virgin coconut oil (VCO). Hal ini terkait kandungannya, yang berpotensi sebagai antiradang, antioksidan, dan membantu proses penyembuhan.


Namun, Anda tetap perlu berhati-hati. Pada beberapa orang, penggunaan virgin coconut oil  dapat menyebabkan reaksi hipersensitivitas. Kondisi ini khususnya dialami oleh orang yang punya riwayat alergi. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengaplikasikan minyak tersebut pada kulit.


5. Menjaga Diet Seimbang dan Sehat


Apa yang Anda makan akan memengaruhi kondisi kulit. Untuk itu, penting untuk menerapkan pola diet yang sehat dan seimbang agar kulit senantiasa sehat. Hindari konsumsi makanan berminyak, manis, dan pedas secara berlebihan. Lebih baik konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, E, karotenoid, dan asam lemak omega.


6. Menggunakan Aloe Vera


Menggunakan Aloe Vera. Kandungan di dalam aloe vera dapat membantu menjaga kelembapan kulit, dan membantu proses penyembuhan maupun pertumbuhan sel. Penggunaan aloe vera secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan membuatnya terlihat lebih cerah.


7. Menggunakan Pelembap


Jangan sampai luput untuk memperhatikan kelembapan kulit Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mengaplikasikan pelembap kulit yang tepat secara berkala agar hidrasinya tetap terjaga. Pelembap kulit paling baik diaplikasikan setelah mandi atau sesuai Anda melakukan eksfoliasi.


Berikut daftar hand & body agar kulit tetap lembap:


1. Body  Lotion Bath and Body Works

Bath and Body Works merupakan produk asal Amerika Serikat sejak 1990 dan sudah tidak diragukan lagi memiliki berbagai produk dengan wangi menyegarkan. Tidak heran keharuman lotion keluaran merk ini sangat disukai karena, brand tersebut adalah brand berbasis parfum yang sudah mendunia.


Rentang Harga: Rp 83.000–Rp 258.000


2. Body Lotion Nivea 


Nivea sudah membantu merawat kulit jutaan orang di seluruh dunia. Merk body-care asal Jerman ini sudah memperkenalkan produknya sejak tahun 1911. Nivea sendiri sudah memiliki beberapa laboratorium untuk Asia juga Amerika Latin. Kandungan body lotion Nivea telah diuji di laboratorium, di mana secara khusus meneliti kandungan yang tepat bagi jenis kulit serta kondisi iklim wilayahnya. Mulai dari body lotion dengan SPF hingga serum yang akan melembapkan secara intensif hadir untuk menyehatkan kulitmu.


Rentang Harga: Rp 20.000–Rp 157.917


3. Body Lotion The Body Shop

Seorang pecinta lingkungan bernama Anita Roddick mendirikan The Body Shop sebagai rangkaian produk perawatan tubuh. Berbagai variasi body lotion ditawarkan dengan beragam bahan dasar alami serta aroma yang menyenangkan. The Body Shop juga mengklaim bahwa produk keluarannya tidak menggunakan “animal testing” alias, tidak menggunakan hewan sebagai objek percobaan.

Lotion ini berasal dari bahan alami, seperti teh hijau hingga kacang almond dijadikan bahan untuk melembapkan kulit tubuh yang kering.


Rentang Harga: Rp 145.000–Rp 309.000


4. Body Lotion Scentio


Body lotion asal Thailand, Scentio mengandung ekstrak protein bioaktif susu dan Co-Enzyme Q10 untuk merevitalisasi kulit secara alami. Jika kalian mencari merk body lotion yang bagus untuk memutihkan kulit, brand ini bisa dicoba.


Selain mencerahkan warna kulit, formula lotion-nya dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan karena paparan sinar matahari, membantu menangkal radikal bebas hingga mencegah penuaan pada kulit.


Rentang Harga: Rp 134.000–Rp 230.000

5. Body Lotion Marina


Kali ini datang dari merk asli Indonesia, yaitu Marina. Merupakan produk body lotion dilengkapi dengan UV Protection, untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Bahan alami di dalamnya akan menutrisi kulit selama 24 jam. Selain perlindungan UV, Marina body lotion menawarkan produk pelembap dengan kandungan Biowhitening Complex, dimana kandungan tersebut bisa memutihkan kulit kusam.


Produk lokal sangat terjangkau dan sudah dinyatakan halal dan aman digunakan oleh siapa saja.


Rentang Harga: Rp 7.900–Rp 25.000


Lakukanlah dengan rutin dan sabar untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa melakukan scrub agar sel kulit mati terangkat.


Penulis: Isnatul Fajar

Editor: Mega

TerPopuler

close