HP Android Lawas Tidak Bisa Akses Layanan Google Mulai Hari Ini -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

HP Android Lawas Tidak Bisa Akses Layanan Google Mulai Hari Ini

, 9/27/2021 08:14:00 PM

Gambar Fitur Layanan Google (tirto.id).

 

Vnn.co.id, Tangerang – Setelah WhatsApp tidak lagi dapat digunakan di beberapa jenis Handphone, kali ini sejumlah Handphone Android pun tidak akan bisa lagi mengakses Google beserta fitur layanan Google lainnya. Hal ini merupakan keputusan pihak Google dimana Google tidak lagi mendukung perangkat Android yang memiliki sistem operasi lawas, dan hal ini akan berlaku mulai hari ini tanggal 27 September 2021.

 

Dalam situs resmi Google yang dikutip dari Kumparan.com, menjelaskan bahwa pengguna Android yang memiliki sistem operasi versi 2.3.7 atau Gingerbreadi ke bawah, tidak akan diizinkan untuk menggunakan sejumlah layanan Google melalui aplikasi yang berada dalam perangkat tersebut.

 

“Sebagai bagan dari upaya berkelanjutan, untuk menjaga keamanan pengguna kami, Google tidak akan lagi mengizinkan masuk di perangkat Android yang menjalankan sistem Android 2.3.7 ke bawah mulai 27 September 2021,” kata Google yang dikutip dari The Verge (27/09).

 

Pihak Google juga menjelaskan bahwa ketika pengguna Android dengan sistem opreasi tersebut masuk ke perangkat setelah tanggal 27 September, maka pengguna akan mendapatkan informasi bahwa nama pengguna atau kata sandi salah saat mencoba untuk mengakses layanan Google seperti Gmail, YouTube, Google Maps, dan lainnya.

 

Pengguna perangkat Android yang aktif saat ini mencapai angka lebih dari tiga miliar perangkat, perubahan yang dilakukan Google untuk menghentikan akses ke perangkat dengan sistem operasi lawas akan memengaruhi sejumlah orang yang masih menggunakan perangkat dengan sistem operasi versi 2.3.7 yang sudah dirilis sejak 10 tahun yang lalu.

 

Meskipun layanan Google sudah tidak dapat diakses oleh perangkat android dengan sistem operasi lawas, tetapi pengguna masih dapat mengakses beberapa layanan Google apabila mengaksesnya melalui perangkat browser lain (bukan layanan Google). Namun, sebaiknya pengguna harus tetap melakukan pembaruan sistem operasi android agar dapat menggunakan layanan Google dengan nyaman dan lebih mudah.

 

Pihak Google menegaskan bahwa keputusan ini bukanlah langkah yang digunakan untuk mendorong peningkatan penjualan perangkat atau Handphone terbaru yang ada di pasaran. Keputusan ini dibuat oleh pihak Google semata–mata untuk melindungi keamanan para pengguna Google dari bahaya, karena sistem operasi android versi lawas tersebut lebih rentan terhadap bug (kerusakan pada perangkat) dan juga mudah diserang oleh hacker.

 

Berikut ini adalah daftar sejumlah handphone jenis Android yang masih menggunakan sistem operasi 2.3.7 atau Gingerbread ke bawah, di antaranya :

  1. Sony Xperia Advance
  2. Sony Xperia U
  3. Sony Xperia ion
  4. Sony Xperia Sola
  5. Sony Xperia S
  6. Sony Xperia P
  7. Sony Xperia Go
  8. Acer Liquid Z
  9. Acer Liquid Z Duo
  10. Lenovo K800
  11. Samsung Galaxy S
  12. Samsung Galaxy S2
  13. LG Optimus 3D Max
  14. LG Optimus Elite
  15. LG Spectrum
  16. LG Prada 3.0
  17. HTC Velocity 4G
  18. Huawei Activa 4G
  19. Motorola Fire
  20. Motorola XT532

 

Para pengguna perangkat yang disebutkan di atas sebaiknya memperbarui perangkat dengan sistem operasi versi terbaru atau mengganti handphone keluaran terbaru yang memilki sistem operasi di atas 2.3.7 atau Gingerbread agar dapat menggunakan layanan Google dengan nyaman dan mudah.

 

Rep: Alfi Khaerotunnisa

Red: Mega

TerPopuler

close