Hal-Hal yang Perlu Dilakukan jika Alami Kekerasan Seksual -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan jika Alami Kekerasan Seksual

, 9/06/2021 12:59:00 PM

 

CnnIndoniesia.
   

Vnn.co.id, Kriminal - Kekerasan seksual merupakan tindakan atau perbuatan yang merendahkan, menghina, menyerang, atau tindakan lainnya yang dilakukan terhadap tubuh yang terkait dengan adanya hasrat seksual. Hal ini biasanya terjadi secara paksa atau bahkan bertentangan dengan kehendak seseorang.


Kekerasan seksual menyebabkan seseorang tidak mampu memberikan perlawanan atau bahkan persetujuan untuk melakukan hal itu.


Tidak hanya itu, kekerasan sesksual juga memberikan efek pada fisik dan mental korban. Beberapa waktu lalu, seorang karyawan KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) memublikasikan pernyataan bahwa ia telah mengalami kekerasan seksual serta perundungan yang dilakukan oleh sesama rekan kerjanya.


Faktanya, kekerasan seksual bisa dialami siapa pun, baik wanita maupun pria. Satu dari sepuluh pria mengalami pelecehan seksual di ruang publik, seperti kantor, sekolah, kampus, transportasi umum, bahkan media sosial.


Hal ini membuktikan bahwa kekerasan seksual dan perundungan tidak hanya dialami oleh wanita, akan tetapi pria pun bisa mendapatkan kekerasan seksual serta perundungan.


Jika kamu memiliki rekan, kerabat, sahabat, maupun saudara yang mengalami peristiwa tidak mengenakkan seperti kekerasan seksual dan perundungan, lakukanlah beberapa hal di bawah ini, dilansir oleh voi.id:


1. Lapor pada pimpinan


Apabila peristiwa tersebut terjadi di lingkungan kantor atau kerja, segeralah laporkan pada pimpinan. Pihak terdekat yang bertanggung jawab atas institusi berhak mengetahuinya. Hal ini merupakan langkah paling awal untuk menghentikan tindakan yang tidak terhormat, apalagi jika dilakukan oleh sesama rekan kerja.


2. Menyimpan bukti


Bukti merupakan hal yang sangat penting dan sangat perlu dimiliki. Karena ini bisa menjadi dokumentasi, bentuk bukti tentunya beragam, bisa dengan pesan singkat, foto mengenai tindakan yang tidak mengenakkan, maupun coretan.


3. Lakukan visum


Hasil visum merupakan bukti berdasarkan kejadian yang dialami. Lakukanlah visum dan simpan bukti bahwa telah benar-benar mengalami kekerasan seksual.


4. Meminta atau memberikan dukungan


Jika kamu sendiri yang mengalami peristiwa ini jangan sungkan untuk meminta bantuan atau dukungan agar membuat diri lebih tenang dan beranikan untuk speak up. Jika yang mengalami adalah rekan, atau sahabatmu berikan mereka dukungan agar mereka tidak merasa sendiri dan lebih merasa tenang dan terhindar dari gangguan psikologis.


5. Lapor pihak berwajib


Melaporkan pada pihak berwajib atau polisi merupakan hal yang penting dilakukan setelah mengalami kekerasan seksual. Hal ini akan membuat pelaku kekerasan seksual dan perundungan ditindak pidana, karena melakukan kekerasan seksual serta perundungan sudah termasuk dalam ranah pidana. Siapa pun yang melakukannya harus bertanggung jawab atas tindakannya yang telah merugikan orang lain.

 

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan jika mengalami kekerasan seksual dan perundungan. Stop kekerasan seksual!


Penulis: Canda Christie

Eitor: Mega

TerPopuler

close