Financial Literacy ala Milenial, Menyelesaikan Masalah Keuangan! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Financial Literacy ala Milenial, Menyelesaikan Masalah Keuangan!

, 9/11/2021 12:24:00 PM
Ilustrasi.


Vnn.co.id, Ekonomi - Dewasa ini, masyarakat digital semakin dekat dengan uang-uang digital. Semakin banyak dan mudah pula bagi masyarakat untuk bermain saham, reksadana, atau apa pun itu. Hanya dengan menggunakan satu aplikasi, semua pengaturan keuangan pun dapat terdeteksi dengan baik dan sistematis. Hal inilah yang ditawarkan oleh era digital kepada masyarakat, khususnya Milenial. 


Zaman dahulu, masalah financial hanya menjadi beban pikiran oleh orang tua. Saat ini, masalah financial juga dipikirkan oleh anak-anak milenial. Tidak sedikit anak milenial yang mulai menabung maupun berinvestasi. Terlepas dari itu semua, sudah tahukah Anda bagaimana cara untuk berinvestasi di era digital?


Berikut cara investasi yang aman dilakukan oleh milenial:


1. Nabung Saham melalui jasa layanan sekuritas di bank-bank seperti Mandiri Sekuritas


2. Nabung Emas seperti di Tamasia


3. Investasi Saham di Bisnis UMKM seperti di Dividen


4. Ivestasi reksadana dengan aplikasi seperti aplikasi Bibit


Bagi milenial, pengaturan uang dapat dilakukan dengan memiliki 3 (tiga) akun rekening dengan tujuannya masing-masing. Anda bisa memilih satu bank dengan 3 (tiga) akun rekening atau memilih 3 (tiga) bank yang berbeda. Rekening tersebut dapat Anda tujukan untuk:


1. Checking Account untuk membayar keperluan sehari-hari, seperti minum kopi, beli makan, minum, dan lain-lain.


2. Fixed Cost untuk keperluan bayar listrik, rumah, mobil, dan lain-lain


3. Saving Account untuk membayar keperluan investasi dan tabungan


Dalam mengatur keuangan, terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan oleh milenial saat ini. Pertimbangan-pertimbangan ini perlu menjadi dasar dalam pembuatan tujuan rencana keuangan. Berikut adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan atas keputusan keuangan Anda.


1. Bahagia atau gengsi. Keputusan anda untuk mengatur keuangan apakah untuk mencapai kebahagiaan atau karena ada gengsi yang perlu dipenuhi. Biasanya, milenial yang mandiri secara financial tentu akan memilih kebahagiaan daripada gengsi.


2. Sejahtera atau banyak uang. Pilihan lain yang tersedia bagi milenial adalah memenuhi kesejahteraan diri atau memperoleh banyak uang. Milenial yang fokus untuk menghasilkan uang cenderung tidak memperhatikan kesejahteraan. Keberhasilannya dinilai dari jumlah uang yang diperoleh. Untuk itu, milenial dapat lebih fokus pada kesejahteraan daripada mengumpulkan uang.


3. Sehat atau ambisius. Di sisi lain, milenial memiliki energi lebih untuk merealisasikan mimpinya. Dalam masa ini, milenial wajib tetap memperhatikan kesehatan fisik dan mental dalam pelaksanaan rencana keuangan. Jangan sampai anda sakit fisik atau mental karena ambisius untuk mendapatkan pendapatan. 


Tips terakhir untuk milenial: "Is not about money but about getting wealth!"


Penulis: Shania Dea Menany Soputan

Editor: Mega

TerPopuler

close