Deklarasi Forum Aktivis Tangerang (Vista): Pelopor Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan serta Mengedepankan Kearifan Lokal untuk Kesejahteraan -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Deklarasi Forum Aktivis Tangerang (Vista): Pelopor Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan serta Mengedepankan Kearifan Lokal untuk Kesejahteraan

, 9/06/2021 02:47:00 PM

Deklarasi Forum Aktivis Tangerang (Vista) di Aula Kantor Desa Cicalengka, Pagedangan, Tangerang, Senin (5/9/21)/Syabana/vnn.co.id.


Vnn.co.id, Kabupaten Tangerang - Bertujuan mengedepankan menggali potensi dan membangkitkan ekonomi kerakyatan serta mengedepankan kearifan lokal di wilayah Tangerang, berbagai eleman tokoh masyarakat dan pemuda sepakat satukan visi-misi mendeklarasikan Forum Aktivis Tangerang (Forum Vista) dengan para inisiator para aktivis, di antaranya H. Imran Patiraja, Nurdin HM. Satibi, M. Syabana Sudarsa, Abdul Haris Gojali. HS, Hasan Basri, Jarot D Alaina, Nurjaya Kamid, dan Umar Abdul Ajid bertempat di Aula Kantor Desa Cicalengka, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang (05/09/2021).


Sebagaimana diketahui, Tangerang dikenal dengan sebutan Seribu Industri. Semakin pesat dan berkembangnya pembangunan, wilayah Tangerang Raya memiliki 3 (tiga) wilayah 1 (satu) kabupaten dan 2 (dua) kota (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan). Khususnya Kabupaten Tangerang zaman dahulu, dan sekarang jauh berkembang dengan hadirnya para pengembang meyulap tata ruang yang semula pesawahan dan perkebunan menjadi sebuah kawasan mewah dan elit, di sana telah berdiri gedung-gedung tinggi atau hotel berbintang, apartemen, mall-mall atau pusat bisnis  kelas internasional, perguruan tinggi negeri, maupun swasta berkelas dunia.


Melihat kondisi sumber daya Alam (SDA) yang sangat menujang dan memadai, para inisiator bersama-sama bergerak membuat terobosan yang berbeda dengan ormas-ormas yang telah terbentuk di Tangerang, Forum Aktivis Tangerang, di dalammya tergabung para  sumber daya manusia  (SDM) yang unggul pada masing-masing bidangnya dan akan menumbuhkembangkan ide-ide kreatif dan inovatif, siap bersaing menjawab tantangan global, Forum Vista bangkit bersama sebagai pelopor ekonomi kerakyatan serta kearifan lokal, demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Tangerang. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan mencegah penularan Covid-19, acara deklarasi Forum Vista diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan-sambutan, bedah AD/ART dan visi-misi , lalu ditutup dengan doa.


Ketua Panitia Pelaksana dan juga salah seorang Inisiator, Bung Nurdin HM Satibi, beliau tokoh senior pergerakan Tangerang, memaparkan maksud dibentuknya Forum Vista ini.


Deklarasi Forum Aktivis Tangerang (Vista) di Aula Kantor Desa Cicalengka, Pagedangan, Tangerang, Senin (5/9/21)/Syabana/vnn.co.id.

"Ada sebuah kebulatan tekad bersama menjadikan organisasi ini bergerak dengan pola berbeda," ujar Bung Nurdin.


"Kami yakin dengan kebersamaan dan saling membangun sinergi antara para pelaku usaha serta birokrasi terkait, kita semua akan maju, karena semua ada di sini, tinggal tergantung bagaimana kita, tinggalkan pola pikir dan cara lama, mari kita berbuat lebih baik untuk kesejahteran kita semua, kita sepakati dan kembangkan ekonomi kerakyatan serta mengedepankan kearifan lokal di Forum Vista ini, apalah daya kami tanpa dukungan semua pihak terutama dari sahabat-sahabat Aktivis Tangerang," imbuhnya.


Lebih lanjut, Bung Nurdin menambahkan, ia sangat miris ketika melihat kenyataan Aktivis Tangerang tidak bisa dan mampu berbuat untuk masyarakat dan aktivis yang seharusnya berfungsi sebagai sosial kontrol, tetapi hanya dijadikan alat bagi kepentigan pengusaha dan penguasa.


"Forum Vista bukan seperti itu, dan bukan juga anti dengan organisasi lain, kita rubah kebiasaan lama ke cara dan pola gerak baru, kita hadir warna baru bagi kesejahteraan masyarakat dan mewarisi sebuah pemikiran cerdas terhadap generasi dan bangga menjadi penggerak bagi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kami ta'dzim kepada sahabat kami para Aktivis Tangerang untuk bergabung, kita sama, satukan gerak langkah menuju sebuah arah kehidupan baik, jadikan organisasi untuk Fastabiqul Khairat dan hasil ikhtiar kita semua mendapatkan rida dan balasan yang berlipat ganda dari Sang Mahakuasa," pungkasnya dengan nada semangat.

Deklarasi Forum Aktivis Tangerang (Vista) di Aula Kantor Desa Cicalengka, Pagedangan, Tangerang, Senin (5/9/21)/Syabana/vnn.co.id.


Sementara, lain halnya Abdul Haris Gojali, tokoh senior dari Legok yang biasa disapa Bung Haris, beliau menyampaikan dukungan dan antusias terbentuknya Forum Vista dengan tujuan mengedepankan menggali potensi ekonomi kerakyatan demi untuk kemakmuran masyarakat, karena ini yang ditunggu-tunggu masyarakat di zaman masa Pandemi Covid-19 ini.


"Forum Vista harus mendengarkan keluhan keluhan di tengah masyarakat dan mampu membantu menjadi jembatan menuju kesejahteraan Masyarakat, dengan jalan kerja sama yang baik antara pihak pengembang dan pemerintah terkait sehingga kesulitan masyarakat sedikit teratasi. Saya yakin sangat yakin Forum Vista nanti bisa mewujudkannya," tuturnya.

Para pengurus Forum Vista saat rapat/Syabana/vnn.co.id.


Pada kesempatan acara ini hadir pula H. Imran Patiraja biasa disapa Bang Imran, beliau dikenal salah satu tokoh aktivis senior pergerakan di Provinsi Banten. Memberikan semangat dan dukungan


"Forum Vista sebagai roh pergerakan telah hadir kembali di sini bersama kita, untuk bersama-sama membangun kebersamaan untuk menuai apa yang selama ini masyarakat harapkan. Kita semua tahu, di sekeliling kita lihat dengan pesat pembangunan dan perkembang kemajuan zaman, sekarang banyak yang bisa dijadikan aset dan pendukung bagi pergerakan kita untuk bisa mengembangkan ide-ide cemerlang para inisiator dan dukungan para aktivis Tangerang lain, berupaya mehasilkan kontribusi besar meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membangkitkan ekonomi kerakyatan, dan mengedepankan kearifan lokal sebuah gagasan yang sangat tepat, di mana masyarakat itu sendiri terlibat dan langsung merasa hasilnya, melalui pengembangan UKM dan Koperasi serta masih banyak lagi potensi yang bisa kita gali bersama," terangnya.


Para pengurus Forum Vista saat rapat/Syabana/vnn.co.id.


"Selamat dan Sukses Atas Terbentuknya Forum Vista, semoga kita semua bagian pencetak sejarah bangkit Perekonomian tanah Air tercinta dan bahoan Dunia," tutupnya.


Dukungan terbentuk dari para peserta yang hadir, yakni Bung Aga Nurfalah, Aktivis muda dan Ketua PAC Pemuda Pancasila Kec. Pagedangan dan Bung Lumi Wardena seorang Aktivis pergerakan dan juga Anggota BPD Desa Cicalengka, Kecamatan Pagedangan, serta Bung Hartoyo, Advokat dan Konsultan Hukum dari Tangerang Selatan mewakilkan para peserta dan undangan yang hadir, mereka menyambut positif terbentuknya Forum Vista.


Hasil Musyawarah Pembentukan Forum Vista disepakati para peserta terpilih, Ketua Dewan Presidium, yakni Bung Nurdin HM. Satibi, beliau mengajak semua Aktivis Tangerang bisa bekerja sama memberikan yang terbaik demi kemaslahatan masyarakat Tangerang. Beliau juga menyampaikan bahwa Forum Vista dalam waktu dekat dan cepat akan melaksanakan Rapat Kerja (Raker) untuk pertama kali.


Setelah isoma (istirahat, salat, dan makan), agenda selanjutnya ialah bedah visi-misi dan AD/ART Forum Vista dipimpin oleh pimpinan sidang Bung Enda Supriadi, beliau Aktivis senior di Kabupaten Tangerang. Setelah satu pers satu pasal dan penjelasannya AD/ART disahkan menjadi bahan acuan untuk gerak para pengurus dan anggota Forum Vista.


Menandai penutup dan selesainya acara pembentukan Forum Vista, sebagai rasa syukur, para Aktivis Tangerang memohon keberkahan atas terbentuknya Forum Vista yang terkandung dalam sebuah doa  yang dipimpin oleh Hasan Basri, beliau adalah seorang Aktivis muda Kecamatan Pagedangan sekaligus Inisiator.


Rep: Syabana

Red: Mega

TerPopuler

close