Cek! 5 Tips Menabung ala Anak Kos -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Cek! 5 Tips Menabung ala Anak Kos

, 9/17/2021 07:47:00 PM

 

Menabung: ukrgate.com.

Vnn.co.id, Gaya Hidup - Menjadi anak kos harus bisa mengatur keuangan dengan baik, salah satunya dengan mengetahui cara menabung yang efektif agar finansial stabil. Anak kost identik dengan mahasiswa atau karyawan yang biasanya mendapatkan uang dalam jangka waktu bulanan. Berikut tips agar bisa menabung sesuai kebutuhan:


1. Membuat Rencana Pengeluaran dan Sisihkan Pendapatan Bulanan


Planning pengeluaran dapat menjadi sarana untuk mengontrol pengeluaran, serta memprioritaskan kebutuhan pokok. Cara menabung ini sangat tepat untuk mencegah pengeluaran berlebih atau sikap boros, terutama untuk kebutuhan yang tidak perlu. Selain itu, sisihkan sejumlah uang untuk ditabungkan. Nominal yang disimpan tidak perlu besar, asalkan rutin dan kebutuhan lain sudah terpenuhi.


2. Segera Bayar Uang Sewa Kost saat Gaji Keluar


Selain pangan dan sandang, Anda juga membutuhkan tempat tinggal untuk berlindung. Jangan lupa untuk membayar sewa kos tepat waktu, terutama saat mendapatkan gaji atau kiriman uang. Seringkali orang terlena untuk membelanjakan uangnya demi kebutuhan sekunder, padahal uang sewa kosnya belum dilunasi.


Pembayaran sewa kos bisa dilakukan setiap bulan atau dalam jangka waktu tertentu, sesuai kebijakan pemilik. Untuk menghindari pemakaian uang tersebut, masukkan uang sewa ke dalam list pengeluaran bulanan Anda. Dengan begitu, Anda tidak bisa menggunakan uang tersebut karena sudah masuk dalam planning utama.


3. Masak Sendiri Dijamin Lebih Hemat


Pada beberapa kos, tersedia dapur umum yang bisa digunakan secara bersama-sama. Ini adalah salah satu opsi bagi kamu yang ingin berhemat dengan tidak terlalu sering jajan di luar. Jadi, kamu bisa berbelanja stok bahan makanan di pasar, lalu simpanlah di kulkas. Kemudian, kamu bisa memasaknya sesuai porsi yang dibutuhkan setiap hari. Memasak nasi sendiri juga bisa lebih hemat dibandingkan membeli. Kamu bisa menggunakan strategi membeli lauk untuk satu hari, lalu membaginya untuk dimakan pada pagi, siang, hingga malam hari. Tentu saja, kamu harus bisa melawan rasa bosan karena makan menu yang sama berturut-turut.


4. Kurangi Jadwal Main ke Mal


Siapa, sih yang tidak suka main ke mal? Apabila sering mengunjungi mal, berarti ada banyak godaan yang harus ditangkis. Misalnya, ketika melihat sepatu yang berbentuk “lucu” dan cantik atau jaket yang keren, kamu pasti tidak akan sanggup menahan keinginan untuk membelinya. Mumpung di dompet masih ada uang atau kartu debit masih terisi penuh, kamu pun langsung memutuskan untuk membelinya.

 

Jika sudah begini, keinginan untuk menabung akan tersingkirkan dengan mudah. Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya jauhkan diri dari mal. Namun, sesekali bermain ke mal untuk melepaskan kepenatan pikiran sebenarnya tidak apa-apa.


5. Buat Tabungan Khusus


Kamu ingin lebih fokus menabung? Caranya adalah dengan membuat tabungan khusus. Saat ini, ada jenis tabungan yang minim biaya administrasi sehingga kamu tidak perlu membayar mahal. Biasanya, jenis tabungan ini juga memiliki fitur terbatas sehingga tidak bisa digunakan untuk kebutuhan gesek tunai.


Cara mendapatkannya tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu datang ke bank terdekat dan membuka tabungan baru. Nah, dengan pembagian ini, uang tabungan tidak bercampur dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

 

Hal yang paling penting dari tips di atas adalah niat ingin menabung. Apabila dibarengi niat dan usaha, akan lancar untuk menabung untuk hari kemudian.


Penulis: Isnatul Fajar Khoela Ani

Editor: Mega

TerPopuler

close