Catat! PeduliLindungi Dapat Diakses di Aplikasi Lain Mulai Oktober -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Catat! PeduliLindungi Dapat Diakses di Aplikasi Lain Mulai Oktober

, 9/28/2021 08:29:00 PM

 

Ilustrasi Aplikasi PeduliLindungi (cnbcindonesia.com).

Vnn.co.id, Tangerang - Mulai Oktober 2021, aplikasi PeduliLindungi dapat diakses di berbagai platform atau aplikasi lain. Hal ini menandakan bahwa untuk mengakses aplikasi tersebut dapat menggunakan aplikasi lain, sehingga tidak perlu mengunduh aplikasi PeduliLindungi untuk mengakses fitur–fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut.

 

PeduliLindungi adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan yang sangat berguna pada masa pandemi ini, di mana pembuatan aplikasi tersebut adalah salah satu upaya pemerintah agar dapat menghentikan penyebaran virus Covid-19. Manfaat dari aplikasi PeduliLIndungi ini sangatlah banyak, di antaranya ialah untuk memberikan informasi kepada pengguna mengenai kondisi di wilayah tempat mereka berada, apakah berzona merah, kuning atau hijau.

 

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengunduh sertifikat vaksin dan mengetahui hasil tes Covid-19 yang telah pengguna lakukan. Selain itu, aplikasi PeduliLindungi ini merupakan aplikasi yang digunakan pemerintah tepatnya satgas Covid untuk mengawasi pergerakan orang–orang yang terpapar Covid-19, dan juga digunakan sebagai akses atau bukti untuk melakukan perjalanan atau ketika mengunjungi tempat–tempat publik.

 

Dengan adanya pembaruan tersebut, di mana fitur–fitur yang ada di aplikasi PeduliLindungi dapat diakses melalui aplikasi atau platform lain, maka dapat memudahkan masyarakat yang tidak dapat mengunduh aplikasi PeduliLindungi di perangkatnya karena keterbatasan pada memori perangkat atau kendala lainnya.

 

Dilansir dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, Chief Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan beberapa platform seperti GoJek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, Dana, Cinema XXI, Link Aja, dan bahkan aplikasi pemerintah DKI Jakarta yaitu Jaki. Adanya hal itu, apabila masyarakat sudah memiliki salah satu aplikasi yang disebutkan maka tidak perlu mengunduh aplikasi PeduliLIndungi.

 

“Aplikasi yang paling banyak digunakan itu ada Gojek, Grab, Tokopedia dan lainnya itu bisa digunakan untuk bisa masuk ke berbagai macam fitur yang ada di PeduliLindungi,” kata Setiaji dalam diskusi virtual yang dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id (28/09).

 

Pembaruan ini akan segera di-launching pada bulan Oktober pada tahun ini, dikarenakan masih dibutuhkan waktu untuk memproses beberapa model agar fitur–fitur tersebut dapat diakses oleh setiap orang dengan mudah melalui aplikasi–aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya.

 

Hal ini tentu saja disambut baik dan dinanti oleh masyarakat, pasalnya banyak masyarakat yang kendala di mana memori perangkat yang mereka gunakan sudah penuh sehingga tidak dapat mengunduh dan mengakses aplikasi PeduliLindungi. Terlebih lagi, belum lama ini terdapat kasus di mana terdapat oknum yang membuat website PeduliLindungi palsu yang kemungkinan dapat membahayakan setiap orang yang mengaksesnya.

 

“Aplikasi PeduliLindungi ini berguna banget, terutama untuk orang yang sering berpergian. Jadi, adanya hal ini bagus banget karena lebih efisien jadi ga perlu download aplikasi baru, ga bikin memori penuh dan aplikasi yang disebutin tadi yang udah di-download jadi double fungsi,” ujar Isma Amaliyah selaku warga dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (28/09).


Rep: Alfi Khaerotunnisa

Red: Mega

TerPopuler

close