Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami!

, 9/24/2021 12:51:00 AM

Ilustrasi (foto : google images)


Vnn.co.id, Jakarta - Rambut rontok memanglah suatu kondisi yang sangat menyebalkan, dan membuat kita sendiri stress untuk mengatasinya.

Sudah menggunakan berbagai cara untuk merawat rambut rontok namun tetap tidak ada hasilnya. Seperti mengganti shampoo dan kondisioner khusus mencegah rambut rontok, menggunakan hair vitamin, hair tonic dan lain-lain tetapi tak lekas usai permasalan rambut rontok.

Meski sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar dan pastinya terjadi pada semua orang, karena rambut akan memproduksi rambut baru dan merontokan rambut lama, tetapi perlu diketahui juga jika saat rambut rontok secara berlebihan, patut diwaspadai. Sebab hal ini bisa memicu kebotakan dini.

Berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan bahan-bahan yang bisa ditemui dirumah versi Vnn.

1. Jangan Terlalu Sering Keramas

Dengan seringnya melakukan keramas setiap hari pada rambut dapat menyebabkan rambut rusak, kering, mudah patah, terlihat tipis dan mengakibatkan kerontokan. Shampoo dan kondisioner yang digunakan dapat mengakibatkan itu semua, karena pada dasarnya semua produk-produk perawatan rambut tersebut itulah jika digunakan terlalu sering dapat membahayakan kesehatan rambut. Disarankan untuk keramas sebanyak 3 kali seminggu saja dan mengeringkaan rambut dengan lembut.

2. Lidah Buaya Sebagai Masker Rambut

Sedari dahulu lidah buaya dipilih untuk mengatasi masalah rambut seperti menyuburkan, menebalkan, mencegah rambut rontok dan berkilau. Lidah buaya mempunyai segudang khasiat, vitamin A, D, serta zat besi dan protein yang terkandung didalamnya mampu mengatasi kerontokan pada rambut. Caranya mudah, ambil lidah buaya dari pangkalnya, kemudian kuliti, lalu ambil lendirnya dan usapkan di rambut dan dijadikan masker rambut, diamkan sekitar 20 menit, setelah itu bilas bersih rambut.

3. Jangan Sering Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Kebiasaan kecil yang ternyata dampaknya sangat besar adalah sering mengikat atau menguncir rambut ditambah dengan kekuatan yang kencang. Hal ini dapat mengakibatkan kondisi rambut menjadi rusak dan mudah rontok. Biarkan rambut dengan sendirinya terurai natural dengan tidak menggunakan aksesoris rambut. Sisir dengan halus dan lembut.

4. Santan Sebagai Hair Tonic

Hair tonic yang sering kita gunakan memanglah mengandung bahan kimia yang jika digunakan secara terus-menerus akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Santan disinyalir mengandung berbagai nutrisi yang cocok dengan rambut, khususnya untuk mencegah kerontokan pada rambut. Caranya cukup mudah, dengan mengoleskan santan ke seluruh permukaan rambut kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan shampoo dan air bersih.

5. Jalani Pola Hidup Sehat 

Pola hidup yang sehat rupanya sangat mempengaruhi kesehatan organ-organ tubuh, khusunya pada kesehatan rambut. Tubuh yang sehat ditandai dengan rambut yang sehat dan kuat. Selain itu stress berlebihan juga dapat mempengaruhi masalah rambut dan dapat menyebabkan kerontokan. Oleh karena itu, terapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik bagi tubuh, menjaga pola tidur dan berolahraga secara rutin.

Jika beberapa cara diatas tidak berhasil, maka kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter bagaimana mengatasi rambut rontok secara medis. Karena bila memang sudah parah kerontokannya kamu perlu mewaspadainya.



Penulis : Sisilia Harwina
Editor : Mega

TerPopuler

close