5 Cara Mencintai Diri bagi Pekerja di Bidang Jasa -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

5 Cara Mencintai Diri bagi Pekerja di Bidang Jasa

, 9/24/2021 07:32:00 PM
Profesi: kabarindah.


Vnn.co.id, Gaya Hidup - Banyak alasan untuk tidak memedulikan diri sendiri pada masa seperti ini. Kesibukan sehari-hari membuat masyarakat tidak memiliki waktu untuk melakukannya. Seperti halnya para petugas kesehatan, para pelindung negara dan masyarakat, guru, pekerja kantoran, ataupun profesi lain sibuk dengan kehidupan bekerjanya, terutama di masa pandemi yang menyulitkan keadaan ekonomi. Bahkan, para tenaga medis terlalu banyak beban bekerja dan kurang istirahat. Mereka yang membantu orang dalam krisis, terutama masa pandemi dan riskan tertular oleh virus ini. 


Menurut penulis di PsychologyToday, peduli merupakan hal yang sulit sulit bagi masyarakat yang bekerja di bidang jasa dan pelayanan. Mereka menggambarkannya bahwa seseorang mungkin ingin tidak peduli dan beristirahat atau fokus pada hal lain, tetapi ketika panggilan datang, dan seseorang membutuhkan bantuan, hampir tidak mungkin untuk mengatakan "tidak". 


Padahal pekerja di bidang tersebut juga membutuhkan dukungan. Jika Anda adalah pengasuh profesional atau hanya salah satu dari orang-orang yang peduli, yang memberi, dan memberi, terkadang tidak mendapatkan imbalan yang banyak, penting juga untuk menemukan cara-cara kecil untuk merawat diri sendiri. Pada titik tertentu, pikiran dan tubuh mulai memberontak dan benar-benar membantu. Hal ini karena Anda memang juga harus benar-benar sehat. 


Ini kebiasaan yang perlu Anda lakukan!


1. Setiap hari, lakukan sesuatu yang penting bagi Anda. Hal-hal penting tersebut bisa merupakan hal sederhana. Setidaknya Anda bisa menikmati menu sarapan pagi yang menyenangkan, seperti meminum secangkir kopi dan menghirup aromanya saat Anda menyesapnya. Hal lain bisa dengan duduk di luar ruangan, menikmati alam, dan melihat ke langit dan menghitung awan. Hal lain juga bisa melakukan hobi Anda, seperti membaca beberapa halaman di buku, berolahraga beberapa menit, menggerakkan gerakan yang anda sukai dengan iringan musik atau kegiatan lain.


Kegiatan ini menurut PsychologyToday tidak dimaksudkan untuk meletakkan hal lain di kalender atau dijadwalkan, kegiatan itu dimaksudkan untuk menarik perhatian Anda pada sesuatu yang positif dan membangkitkan semangat, baik itu kecil atau besar setiap harinya. Tetapi jangan menunggu sampai Anda dapat merencanakan hari apa atau liburan, lakukan sekarang–setiap hari.


2. Pelajari batasan Anda. Ya, kebutuhan itu ada, dan Anda tidak ingin mengatakan "tidak" pada sesuatu. Terkadang jenis saran untuk pengasuh ini menjadi bumerang karena Anda tidak dapat memutuskan apa yang harus dikatakan "tidak" dan apa yang harus disetujui.


Penting untuk memahami berapa banyak tidur dan olahraga yang Anda butuhkan, bagaimana Anda masih bisa makan dengan baik, dan bagaimana Anda dapat menemukan waktu untuk melakukan beberapa hal yang penting bagi Anda. Daripada hanya mengatakan “tidak” secara sewenang-wenang, coba cari tahu dulu apa yang penting untuk dipertahankan dan kemudian rencanakan di sekitarnya. Setelah Anda tidak punya waktu atau ruang tersisa, Anda mulai mengatakan "tidak" karena Anda harus melakukannya.


3. Temukan teman yang juga menjadi pengasuh dan saling mendukung. Seringkali jika Anda memiliki orang-orang dalam hidup Anda yang bukan pengasuh, mereka akan memberi tahu Anda, "Kamu terlalu banyak!" atau "Katakan saja 'tidak,'" tetapi ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan ketika Anda adalah seseorang yang memberi, memberi, dan memberi. Orang yang tidak peduli tidak akan mendapatkannya. Temukan seseorang yang setuju tetapi dapat membantu Anda menavigasi secara berbeda.


4. Akui apa yang Anda lakukan dan seberapa banyak yang Anda lakukan untuk membantu orang lain. Seringkali pengasuh hanya fokus pada kesalahan mereka, atau pada kerugian atau apa yang masih belum dilakukan. Alih-alih, alihkan perhatian Anda setiap hari untuk membuat daftar apa yang telah Anda lakukan dengan baik dan di mana Anda telah berkontribusi secara positif. Penting untuk mengetahui kemenangan Anda dan menghargai diri sendiri atas apa yang telah dan dapat Anda lakukan.


5. Alih-alih melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain, hari ini saja–lakukan sesuatu yang baik untuk Anda. Ya, di situlah daftar dimulai, tetapi perlu diulang. Lakukan sesuatu yang baik–untuk Anda. Kemudian, yang paling penting, jangan merasa menyesal atau bersalah karena Anda melakukannya! Nikmati saja.


Penulis: Shania Dea Menany Soputan

Editor: Mega

TerPopuler

close