5 Cara agar Kita Tidak Menjadi Orang yang Toxic -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

5 Cara agar Kita Tidak Menjadi Orang yang Toxic

, 9/18/2021 02:51:00 PM

 

Popmama.

Vnn.co.id, Gaya Hidup - Saat berbicara dengan lawan bicara, mungkin kita sering tidak sadar bahwa kata-kata kita bisa saja menyakiti orang lain atau bahkan menyinggung perasaannya. Tanpa kita sadari, kita telah menjadi orang yang toxic bagi lawan bicara kita atau bahkan orang lain di sekitar kita.


Orang yang toxic atau beracun biasanya tidak pernah memiliki hal positif di dalam hidupnya untuk dibicarakan atau bahkan diperdebatkan baik dengan orang lain atau dirinya sendiri. Biasanya orang toxic selalu melihat segalanya dari sisi yang negatif, tidak sedikit orang yang toxic banyak dijauhi atau dihindari dalam pergaulan pertemanan karena sikapnya yang menyebalkan dan tidak memikirkan perasaan orang lain.


Tentunya kita tidak ingin menjadi seperti itu. Maka dari itu, berikut vnn.co.id rangkumkan 5 cara agar kita tidak menjadi orang yang toxic:


Kenali dirimu sendiri


Dengan mengenali diri sendiri, setidaknya dapat membantu untuk memperbaiki diri. Memang cara ini tidak pasti untuk menghindarimu dari orang yang toxic, tetapi dengan kita mengenal diri sendiri, kita dapat mengetahui apa yang kurang dari diri kita dan dapat memperbaikinya. Cari tahu tujuan hidupmu, apa kelebihan dan kekuranganmu.


Belajar menerima kritik


Hal ini biasanya sangat susah dilakukan, karena tidak ada orang yang suka dikritik. Ketika kita tidak belajar mendengar masukan orang lain, kamu tidak akan tahu apa yang salah dari dirimu dan tidak akan maju dan berkembang. Belajar menerima kritik merupakan suatu bentuk kedewasaan. Dibanding harus emosi saat dikritik orang lain, lebih baik intropeksi diri sendiri dan benahi dirimu agar menjadi pribadi yang lebih baik.


Belajar berpikir positif


Berpikir positif kadang susah dilakukan saat kita terbawa emosi dalam menghadapi suatu masalah. Tidak jarang juga keinginan meluapkan emosi dengan kata-kata atau tindakan yang kasar sering dilakukan. Hal yang harus kita lakukan adalah melatih diri kita sendiri untuk berpikir positif dan menenangkan diri dan memikirkan hal-hal baik yang terjadi dalam hidup kita.


Berpikir sebelum bertindak


Sering kali saat mengambil keputusan dilakukan dengan gegabah dan tidak berpikir panjang karena sudah terpancing emosi. Mulailah melatih dirimu untuk selalu berpikir sebelum bertindak, karena bisa saja tindakan yang kita ambil dapat menyakiti perasaan orang lain dan membuatnya tersinggung. Alangkah baiknya sebelum bertindak memikirkan terlebih dahulu apakah tindakanmu menyenangkan untuk orang lain atau sebaliknya.


Berteman dengan orang positif


Seperti kata pepatah, jika berteman dengan penjual parfum, maka kamu akan ikut wangi, sama halnya dengan kita berteman dengan orang yang positif, maka akan membuat kita juga ikut mempunyai aura positif dan membawa kebahagiaan. Buatlah perjalanan hidupmu berisi cerita persahabatan yang sehat.

 

Bagaimana, sudahkah kamu menerapkan cara-cara diatas agar kamu tidak menjadi orang yang toxic?

Spread your positive!


Penulis: Canda Christie

Editor: Mega

TerPopuler

close