Masyarakat Resah, Akankah PPKM Berakhir Hari Ini ? -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Masyarakat Resah, Akankah PPKM Berakhir Hari Ini ?

, 8/16/2021 04:36:00 PM


Illustrasi Karyawan Swasta, Foto: Tirto.id



Pemerintah Indonesia telah menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sejak 3 Juli 2021. Hal ini dilakukan pemerintah sebagai upaya untuk meredam peningkatan angka positif Covid dan juga angka kematian akibat Covid yang terus - menerus bertambah. PPKM yang semula diberlakukan hanya dari tanggal 3 Juli sampai dengan 20 Juli terus - menerus mengalami perpanjangan dan juga peningkatan level, mulai dari level 2 sampai dengan level 4. Pekan lalu, Luhut Pandjaitan selaku Menko Kemaritiman dan Investasi mengumumkan bahwa PPKM level 2-4 akan diperpanjang hingga 16 Agustus.


"Atas arahan Presiden RI, PPKM 4, 3, 2, akan diperpanjang hingga 16 Agustus 2021," kata Luhut dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden yang dikutip dari detiknews.com pada Senin (16/08).

 

PPKM yang telah berlangsung selama satu bulan lebih telah berdampak ke berbagai pihak, seperti yang dirasakan oleh Ayu seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta. Menurutnya, akibat dari adanya PPKM yang diterapkan oleh pemerintah tersebut telah berdampak pada perusahaan tempatnya bekerja dan juga kepada beberapa karyawan di perusahaan tersebut.

 

“Selama PPKM ini permintaan dari Customer menurun jadinya ga stabil, terus juga karyawan kontrak pada dirumahkan jadi selama PPKM mereka ga bekerja,” ungkap Ayu dalam keterangan tertulis (16/08).

 

Selain Ayu, Daman Huri yang merupakan seorang pebisnis di bidang fotografi dan juga kuliner turut merasakan dampak dari adanya PPKM di kedua usahanya itu.

 

“Selama PPKM ini cukup lumayan merasakan dampaknya. Terutama salah satu usaha yang saya tekuni di bidang jasa photography, event selama PPKM ini sudah sangat jarang ada, sehingga mengurangi omset kami saat ini. Namun untuk usaha saya yang lainnya yakni usaha saya di bidang kuliner tidak terlalu parah dampak yang dirasakan, karena pemasukan sih Alhamdulillah masih stabil dan masih sesuai target penjualan, hanya saja karena jam operasional yang berkurang jadi tidak maksimal seperti biasanya, yang seharusnya lebih dari target, kadang hanya pas dengan target yang ditentukan,” ungkap Daman Huri (21) dalam keterangan tertulis (16/08).

 

Lalu, apakah PPKM akan benar berakhir pada hari ini seperti yang dikatakan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden pekan lalu ?

 

Dilansir dari cnnindonesia.com Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan mengatakan ada hasil baik selama pelaksanaan PPKM level 4,3,2 di Jawa-Bali 10 – 16 Agustus, maka dari itu pemerintah telah membuka sejumlah aktivitas kegiatan seperti mal di DKI Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya. Namun, di masa periode terakhir PPKM ini kasus positif dan kematian akibat Covid-19 masih tetap tinggi.

 

“Semoga saja PPKM tidak ada perpanjangan lagi, karena saya selaku pelaku usaha tidak dapat leluasa dalam mengembangkan usaha, sebab apa apa selalu dibatasi. Selain itu, kasian juga untuk para pelaku usaha kaki lima yang tidak dapat leluasa dalam berniaga,” harap Daman Huri.


---


Reporter : Alfi Khaerotunnisa

Editor : Sukmasih

 

TerPopuler

close