Ini 5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ini 5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

, 8/24/2021 02:12:00 PM
Ilustrasi: Pinterest.


Vnn.co.id, Kesehatan - Bawang putih dengan nama ilmiah Allium sativum atau garlic dalam bahasa inggris, merupakan tanaman yang termasuk golongan umbi-umbian yang menjadi bahan makanan untuk cita rasa lebih spesifik. Bawang putih digunakan sebagai bumbu utama dalam memasak, hampir digunakan pada setiap makanan. Khususnya bagi dapur tiap masyarakat Indonesia, bawang putih menjadi bumbu utama dalam memasak. Tidak lengkap rasanya jika tidak ada bawang putih.


Namun, tahukah kamu selain menjadi kunci cita rasa untuk menyedapkan rasa masakan, bawang putih juga mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, loh.


Dalam satu siung bawang putih dengan berat sekitar 6-8 gram, dengan per 100 gram bawang putih mengandung:


-       4 kalori

-       0,1 gram serat

-       0,2 gram protein

-       1 gram karbohidrat

-       0,1 miligram mangan

-       0,9 miligram vitamin C

-       5,4 miligram kalsium

-       0,4 mikrogram selenium

-       Antioksidan, flavonoid, asam amino dan oligosakarida

-       Senyawa sulfur aktif allyl proply disulfide, dialil disulfida, dialil trisulfida


Berikut VNN rangkum, manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh dilansir dari hellosehat.com


1.     Menyehatkan Jantung

Bawang putih mempunyai peran baik dalam merawat dan menyehatkan jantung, baik dalam mencegah risiko penyakit jantung. Perawatan dengan bawang putih inilah dengan cara ekstrak bawang putih yang dikeringkan dengan nama lain Aged garlic. Aged garlic berperan aktif untuk mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri.

 

2.     Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat lainnya dalam bawang putih adalah untuk menurunkan risiko kanker. Dilansir dari Nation Center for Biotechnology Information, meneliti sejauh ini kaitannya dengan mengonsumsi bawang putih rutin, dapat mengurangi potensi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker perut, kanker tenggorokan, kanker pancreas, kanker payudara, dan kanker prostat.

 

3.     Menjaga Kesehatan Tubuh

Bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang dapat mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh. Dengan rajin mengonsumsi bawang putih, baik dalam kondisi matang maupun mentah (dimakan langsung), dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh dan rentan terhindar dari berbagai penyakit. Dengan tubuh yang kuat, tentunya dharapkan diri kita terhindar dari berbagai macam virus dan penyakit.

 

4.     Meredakan Batuk, Radang, dan Pilek

Tahukah kamu bawang putih sendiri mempunyai khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh manusia? Bawang putih merupakan salah satu obat alami dalam memperkuat daya tahan tubuh, yang terbukti ampuh untuk melawan berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit batuk, radang tenggorokan, pilek, dan flu. Mengonsumsi bawang putih saat sakit, dapat mengurangi keperahan gejala yang ditimbulkan dan membantu untuk cepat sembuh dan pulih.

 

5.     Menurunkan Kolesterol

Bawang putih sedari dulu telah dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi bagi para penderitanya. Dengan mengkonsumsinya sekitar 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung kecil) setiap hari, disinyalir berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis dalam kurun waktu dua bulan. Karena bawang putih mengandung Allcin, yang akan diproduksi bawang putih ketika siungnya dipotong, ditumbuk, dikunyah, maupun dihancurkan. Allicin sendiri mengahambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.


Itulah beberapa manfaat bawang putih bagi Kesehatan tubuh, dan masih banyak lagi manfaat-manfaat yang bisa temukan dalam bawang putih guna menjaga kesehatan tubuh. Tetap jaga kesehatan, ya karena sehat itu mahal.


Penulis: Sisilia Harwina

Editor: Mega

TerPopuler

close