Magang Merdeka: Platform Kampus Merdeka Kemendikbud Down -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Magang Merdeka: Platform Kampus Merdeka Kemendikbud Down

, 8/25/2021 08:19:00 PM

 

Illustrasi magang. Foto: Freepik


VNN.co.id, Nasional - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek terus berupaya untuk menggelorakan program-program unggulan Kampus Merdeka. Salah satunya meluncurkan program Studi Independent dan Magang Berseritifikat.


Dengan pelamar yang begitu banyak hampir mencapai 23.752 kandidat membuat platform mengalami sedikit masalah yang Akhir-akhir ini banyak keluhan mengenai platform kampus merdeka yang sering mengalami error system dikarenakan program yang masih terbilang baru. Akibatnya banyak mahasiswa yang tertinggal untuk mengisi laporan hariannya.


“saya sedikit kesulitan untuk mengisi laporan magang hari pertama dan kedua karena masalah platform yang mengalami error system” ujar salah satu mahasiswa yang mengikuti program Magang bersertifikat.


Menurut salah satu mahasiswa mengungkapkan bahwa platform kampus merdeka mengalami error hingga hari kedua ia menjalani magang. Hingga saat ini belum ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai perbaikan system tersebut.


Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka ini masih tergolong program baru daripada program yang terlebih dahulu diluncurkan yaitu Kampus Mengajar. Program MBSI ini dilatarbelakangi fenomena paradoksal yang kerap dihadapi, yakni begitu banyaknya jumlah para pencari kerja di Indonesia, namun di sisi lain ada banyak lowongan kerja yang perlu diisi SDM.


Hal ini dibuktikan dari data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Agustus 2020 yang menunjukkan adanya 9,77 juta pengangguran terbuka (semua lulusan) dan masih banyak peluang kerja yang dibuka di berbagai kanal sampai 2021. Di samping itu, perusahaan juga kerap mengalami kekecewaan karena mendapati tingkat kehadiran yang rendah pada tahap seleksi dan tidak bisa mendapatkan SDM yang sesuai dengan keinginan.


Ketua Subpokja MBSI Nurhadi, menjelaskan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka ini adalah sebuah upaya pemerintah untuk menjembatani dan mengamankan ketersediaan talenta berkualitas bagi industri nasional yang membutuhkan solusi alternatif untuk mendapatkan talenta yang sesuai dengan kualifikasi dan cocok dengan budaya organisasi, sehingga bisa memberikan kontribusi yang nyata dalam jangka waktu yang lama.


Bagi mahasiswa sendiri, program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan pengalaman pembelajaran di luar kampus, sebagai bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Episode 2, yang memberikan hak untuk mendapatkan 20 hingga 40 SKS pengalaman belajar di luar kampus selama satu atau dua semester.


Banyak benefit yang didapatkan jika mahasiswa minimal semester 4 ini mengikuti program Kampus Merdeka seperti mendapatkan Konversi 20 SKS hingga lebih, Uang saku, Sertifikat dan lain sebagainya.


---

 

Penulis : Isnatul Fajar Khoela Ani

 Editor : Sukmasih

TerPopuler

close