Liga 1 Resmi Digelar pada 27 Agustus, Tak Ada Penonton Jadi Syaratnya -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Liga 1 Resmi Digelar pada 27 Agustus, Tak Ada Penonton Jadi Syaratnya

, 8/19/2021 07:15:00 PM

 

Gambaran gelaran Liga 1 Source: Kompas.com.



VNN.co.id, Olahraga - Gelaran Liga 1 Indonesia musim 2021 -2022 resmi dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2021. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang merupakan penyelenggara resmi, telah mendapat persetujuan dari Menpora, Satgas COVID-19, dan Polri.


Dilansir dari CNN Indonesia, Satgas COVID-19 resmi mengeluarkan izin pelaksanaan Liga 1 2021/2022 yang direncanakan kick-off pada 27 Agustus, lewat surat bernomor B 112/KA.SATGAS/PD.01.02/08/2021, Rabu (18/8/2021)

 

Surat tersebut berisi beberapa syarat dan peraturan protokoler kesehatan ketat untuk kelancaran mobilitas liga 1 yang akan digulirkan, berikut rinciannya:

 

Pertama, seluruh elemen yang terlibat dalam pelaksanaan Liga 1, baik itu penyelenggara, staff, pemain, dan pelatih sudah divaksinasi covid-19 secara lengkap terlebih dahulu, dan membuktikan hasil tes negative Covid-19 sebelum pertandingan berlangsung.

 

Kedua, penerapan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan baik sebelum atau sesudah pertandingan dimulai.

 

Ketiga, tidak boleh ada penonton di stadion ketika pertandingan berlangsung, sehingga para supporter hanya bisa menyaksikannya lewat layar kaca atau streaming online.

 

Seperti yang telah diketahui, Liga 1 di Indonesia sudah 1,5 tahun berhenti. Hal ini tentu berdampak buruk kepada seluruh ekosistem sepak bola, seperti yang dikatakan Presiden APPI Firman Utina.


“Seluruh pemain bukan hanya di liga 1, tapi liga 2, dan 3 yang mencari nafkah hanya di sepak bola tentu sangat terdampak, termasuk penjual distro dan gorengan di sekitar stadion,” ujar Firman dalam wawancara dengan Asumsi.co dalam Youtube Asumsi x APPI: Kami Siap Main!

 

Andritany yang merupakan kiper Timnas juga menyebutkan kesiapan pemain dalam gelaran Liga 1 nanti, “Kami sudah siap main, seluruh pemain juga siap main, dan kami akan nurut himbauan pemerintah mau nanti kegiatan Liga nya mau berjalan seperti apa,” kata Andri

 

Tidak Ada Penonton di Stadion Tuai Pro dan Kontra


Dilansir dari Tempo.co, Sekjen PSSI, Yunus Nusi  memastikan semua laga Liga 1 akan berlangsung tanpa kehadiran penonton di stadion. Namun, situasi tersebut dapat berubah sesuai dengan perkembangan situasi COVID-19 di Tanah Air. "Kami akan melihat perkembangan ke depan, apakah bisa dengan penonton di stadion, dengan kapasitas tertentu atau tidak," tutur Yunus.

 

“Saya sebagai pecinta sepakbola hanya ingin liga 1 berjalan lagi, masalah nanti enggak boleh nonton langsung, ya kami nurut, saya akan streaming atau nonton di rumah, bahkan jika ada tiket nonton online pun saya akan beli,” ujar Panji Yusuf.

 

Tak sependapat dengan Panji, seorang netizen di Twitter bernama @Ludbakazar pun ikut berkomentar:


“Sebenernya kalau memang pemerintah ini serius untuk mencapai Herd Imunity, tinggal berlakukan suporter yang ingin menonton di stadion wajib menunjukan kartu vaksinasi 1 atau ke 2. Dan pasti semua suporter akan segera melakukan vaksinasi dan Herd Imunity mungkin akan lebih cepat tercapai,” ujarnya.

 

Dengan peraturan tidak adanya penonton, tentu membuat kecewa para suporter klub-klub di Liga 1. Hal ini tentu bisa dimaklumi karena kasus dan angka kematian COVID-19 di Indonesia masih tinggi dan pemberlakuan PPKM pun masih terus berlangsung. Namun, pihak penyelenggara dan pemerintah masih dapat mengkaji ulang peraturan tersebut.

 

Rep: Pranaja

Editor: Mega

TerPopuler

close