Jakarta Masuk Daftar Kota Perencanaan Terburuk Sedunia, Wagub: Kita akan Perbaiki -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Jakarta Masuk Daftar Kota Perencanaan Terburuk Sedunia, Wagub: Kita akan Perbaiki

, 8/24/2021 09:50:00 PM

Ilustrasi.

 

Vnn.co.id, Jakarta - DKI Jakarta dinobatkan sebagai salah satu kota dengan perencanaan terburuk pada platform arsitektur skala global, Rethinking The Future (RTF). Pembangunan infrastruktur yang tidak terencana menjadi salah satu penyebabnya.


Dalam rilisnya, RTF mencantumkan 10 daftar kota-kota yang memiliki tata kota yang ‘cacat’, beserta alasan kontekstualnya masing-masing. Jakarta berada di urutan pertama pada daftarnya.


Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebut jajaran Pemprov DKI akan mempelajari setiap indikator penilaian yang dibuat RTF.


“Nanti akan kami pelajari, apa iya Jakarta sebagai kota terburuk di dunia dalam tata kotanya? Kami akan pelajari,” ujarnya kepada wartawan di Kantor Balai Kota Jakarta Pusat, Senin (23/8/2021) --dilansir dari Tribunjakarta.com.


Ariza mengatakan, Pemprov DKI akan terus berusaha memperbaiki dan meningkatkan kualitas Jakarta dari semua sektor.


“Prinsipnya, semua Gubernur dari dulu sampai sekarang berusaha menjadikan Jakarta sebagai kota yang lebih baik, semua aspek, semua sektor, termasuk tata kotanya,” ungkapnya.


Ia mengakui bahwa memang tidak mudah mengatasi berbagai permasalahan-permasalahan yang ada di Jakarta.


Dikutip dari metro.sindonews.com, “Memang tidak mudah, kita fokus pada pengendalian banjir, transportasi, Alhamdulillah, ya mendapat perbaikan-perbaikan sana-sini. Masalah air bersih, polusi udara, penghijauan, pendidikan, kesehatan sekarang dituntut juga tata kota. Tentu kita akan perbaiki Jakarta menjadi kota yang lebih baik sejajar dengan kota-kota di dunia,” ungkapnya.


Selain akan mempelajari tata kota di Jakarta, Ariza juga akan memastikan apakah penilaian yang dibuat oleh RTF sudah sesuai dengan fakta lapangan atau tidak.


Dengan adanya penilaian tersebut, bukan berarti Ariza tidak akan melakukan perbaikan terhadap Jakarta. Ia berharap Jakarta akan menjadi kota yang dapat disejajarkan dengan kota-kota besar lainnya.


"Semua akan diperbaiki, Jakarta menjadi kota yang lebih baik sejajar dengan kota-kota besar di dunia," tuturnya.


Sebelumnya, RTF merilis artikel daftar kota-kota yang disorot memiliki tata kota yang buruk. Dalam isinya, RTF menyebut Jakarta sebagai ‘tempat dengan desain terburuk’ di Bumi. Hal ini dikarenakan Jakarta merupakan Ibu kota yang padat, dicekik asap, serta tenggelamnya kota dalam air yang tercemar.


Pada artikel tersebut, dijelaskan juga bahwa intervensi perencanaan selama beberapa dekade telah membawa Jakarta menjadi seperti sekarang ini. Ruang terbuka hijau yang tidak memadai, kemacetan lalu lintas yang ekstrem, dan perluasan kota yang tidak terencana berkontribusi besar pada situasi ini.


Faktor lain penyebab Jakarta menjadi kota dengan perencanaan terburuk menurut RTF adalah pembangunan infrastruktur yang berada di tangan pemerintah daerah, sehingga mempersulit kemungkinan pelaksanaan proyek jangka panjang.


Selain Jakarta, terdapat beberapa kota lain yang turut menjadi sorotan RTF, di antaranya Dubai, Uni Emirat Arab; Brasilia, Brasil; Atlanta, Georgia, Amerika Serikat; Sao Paulo, Brasil; Boston, Massachusetts, Amerika Serikat; Missoula, Montana, Amerika Serikat; Naypyidaw, Myanmar; New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat; serta Dhaka, Bangladesh.


Rep: Nur Ilman

Red: Mega

TerPopuler

close