Cara Menjaga Kesehatan Mental kala Pandemi -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Cara Menjaga Kesehatan Mental kala Pandemi

, 8/20/2021 09:01:00 PM

 

Kesehatan mental: Unairnews.

Vnn.co.id, Kesehatan - Kala pendemi seperti ini, bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus dijaga, kesehatan mental pun menjadi masalah tersendiri bagi kebanyakan orang. Bukan hanya takut, panik yang berlebih pada kasus ini bisa menjadi masalah kesehatan yang serius.


Berikut cara menjaga kesehatan mental di kala pendemi:


1. Melakukan Aktivitas Fisik


Aktivitas fisik bisa dilakukan dengan olahraga ringan, seperti bermain skipping dan lari mengitari komplek perumahan. Dengan melakukan olahraga ringan, tubuh Anda akan memproduksi hormone endorphin yang dapat meredakan stres, rasa khawatir dan panik yang berlebih.


Melakukan peregangan dan mengatur pernapasan juga akan membuat tubuh Anda merasa rileks dan lebih tenang. Jangan lupa berjemur untuk menambah sistem imun.


2. Kurangi Asupan Berita


Membaca berita memang diperlukan, tetapi kamu harus pintar memilah-milah berita yang baik untuk dibaca atau hanya akan membuat toxic untuk kehidupan Anda nantinya. Adakalanya berita membuat Anda terlalu cemas, usahakan hanya membaca berita 1-2 berita dari sumber terpercaya.


3. Bercerita


Kamu bisa meluangkan waktumu untuk bercerita dengan orang terpercaya. Jika merasa tidak nyaman atau hal tersebut mengganggu pekerjaanmu, ceritakan kepada keluarga, teman, atau partner agar dirimu merasa lega dan suasana hatimu akan menjadi tenang.


4. Konsumsi Makanan yang Bergizi


Konsumsilah makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Beragam nutrisi tersebut dapat Anda peroleh dari nasi dan sereal, buah-buahan, sayuran, makanan laut, daging, kacang-kacangan, serta susu. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, asupan nutrisi yang cukup juga dapat menjaga kesehatan mental, baik secara langsung maupun tidak langsung.


5. Membuat Rutinitas sendiri


Selama masa karantina di rumah, Anda dapat melakukan aktivitas yang disukai, mulai dari memasak, membaca buku, membuat kerajinan tangan, dan menonton film. Hal tersebut akan membantu menghilangkan rasa jenuh selama di rumah aja.


6. Self-Talk


Self-talk adalah ketika kamu berusaha untuk berbicara kepada diri sendiri mengenai apapun yang kamu rasakan. Afirmasi positif yang disampaikan saat self-talk mampu menurunkan beberapa risiko gangguan kesehatan mental, antara lain mengurangi kecemasan, menghilangkan persepsi negatif, dan memberi kesempatan untuk mengontrol diri.


7. Batasi Mengonsumsi Alkohol


Apabila sedang stres, ada sebagian besar orang yang mengonsumsi alkohol dan merokok untuk meredakannya. Namun, saat kondisi seperti ini jangan konsumsi alkohol dan rokok berlebihan. Sesuai dengan rekomendasi dari WHO, cobalah untuk menggunakan health app apabila ingin mendapat pertolongan dari pihak profesional.

 

Dengan menjaga kesehatan mental saat pandemi, Anda akan siap untuk menjalani hari-harimu dengan tenang dan lebih positif. Karena salah satu kunci tubuh yang sehat adalah hati yang gembira. Stay healthy


Penulis: Isnatul Fajar Khoela Ani

Editor: Mega

TerPopuler

close