9 Tips Menarik Konsumen Melirik Produk Onlinemu -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

9 Tips Menarik Konsumen Melirik Produk Onlinemu

, 8/26/2021 03:25:00 PM

 

Ilustrasi: Sirclo.

Vnn.co.id, Ekonomi - Gimana, sih caranya untuk meningkatkan penjualan online? Tentu banyak sekali kalangan masyarakat yang sedang berlomba-lomba untuk berdagang online, dari produk kebutuhan rumah tangga, alat elektronik, dan lain sebagainya. Persaingan yang semakin ketat membuat kita mau tidak mau harus meningkatkan kualitas maupun kuantitas untuk menarik minat konsumen agar mau berbelanja di tempat kita.


Ini adalah beberapa tips untuk menarik konsumen:


1.Berdoa


Sebelum kita memulai sesuatu, pastikan untuk selalu berdoa agar usaha yang kita lakukan menuju kebaikan dipermudah dan lancar kedepannya. 


2. Usaha


Usaha termasuk strategi dalam hidup untuk mencapai sesuatu, jika tidak ada usaha makan dari mana akan ada hasil. 


3. Niat


Niat adalah hal yang sangat penting sebelum melakukan apa pun, jika niat kita baik, maka akan berakhir baik, jika niat kita buruk maka akan buruk. Ini sangat berpengaruh dalam berdagang online. Niatkan berjualan untuk membantu ekonomi keluarga, memberikan kemanfaatan pada calon pembeli, dan sebagainya.


4. Kenali Target Pembelimu


Mendapatkan pembeli baru akan lebih mudah jika kamu tahu target pasar yang tepat untuk produkmu. Ketika kamu ingin menjual baju, kamu harus tahu siapa target untuk produk kamu, misalkan wanita, baik usia dini sampai lansia.


5. Manfaatkan Media Sosial


Tak kenal maka tak sayang! Kenalkan produk jualanmu di media sosial, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, ataupun media sosial lainnya. Nah, tentunya harus sesuai dengan keberadaan calon pembeli yang paling potensial, ya.


6. Berikan Promo Spesial


Siapa sih yang nggak suka dengan promo? Ada beragam tipe-tipe promo yang bisa kamu gunakan sesuai kemampuan dan kebutuhan tokomu.


Contohnya, memberikan promo kepada orang terdekat terlebih dahulu untuk pemula, lalu memberikan kartu nama atau hadiah kecil seperti souvenir. 


7. Berikan Nama, Foto, dan Deskripsi Produk dengan Jelas


Kejelasan informasi adalah hal paling penting untuk pembeli melanjutkan transaksi di tokomu. Sertakan foto terbaik dan lengkapi deskripsinya secara rinci.


8. Copywriting


Copywriting adalah salah satu strategi dalam berbisnis atau berjualan online, yakni mengolah kata-kata sedemikian rupa sebagai magnet agar calon pembeli tertarik dan memutuskan untuk menjatuhkan pilihannya pada produk yang kita jual. Banyak kelas-kelas online yang menawarkan pembelajaran terkait berjualan secara online, terutama mengenai copywriting ini.


9. Respon Pesanan dengan Cepat


Bangun kepercayaan calon pembeli dengan memberikan pelayanan prima, dimulai dengan membalas chat atau diskusi secara cepat dan menggunakan bahasa yang baik. Jangan lupa untuk segera memproses dan mengirim pesanan sesuai dengan jasa pengiriman yang diminta oleh pembeli. Mereka juga akan senang apabila packing barang rapi dan aman.


Jangan sampai calon pembelimu kabur karena kamu lama membalas chat, diskusi, atau memproses pesanan mereka. Jadi, tingkatkan terus pelayananmu agar semakin banyak pelanggan yang berbelanja ditokomu. 


Semoga bermanfaat:)


Penulis: Fitriatuzanah

Editor: Mega

TerPopuler

close