6 Starter Pack Penunjang Work From Home (WFH), Apa Saja, ya? -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

6 Starter Pack Penunjang Work From Home (WFH), Apa Saja, ya?

, 8/20/2021 03:54:00 PM
Ilustrasi WFH: Qubisa.


Vnn.co.id, Worklife - Masih tertanam jelas di ingatan masyarakat, awal tahun 2020 lalu, Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan ada tiga warga Indonesia terpapar virus corona. Kasus tersebut diiberi nama kasus satu, dua, dan tiga. Kini, tak bisa dipungkiri penyebaran virus corona semakin hari semakin menunjukkan eksistensinya, sehingga memaksa kita untuk membatasi semua aktivitas. Sehingga, banyak perkantoran dan pendidikan terpaksa memberhentikan aktivitasnya dan beralih pada sistem tatap maya. Pada dasarnya, istilah Work Form Home (WFH) bukanlah hal asing bagi sebagian karyawan perusahaan. Namun, mungkin ada beberapa karyawan yang sama sekali belum pernah melakukannya.


Adapun setelah virus corona ini menyerang, munculah istilah-istilah baru yang sebelumya belum ada, seperti web seminar (webinar), kuliah atau sekolah daring, training online, dan lainnya. Namun, sekarang istilah-istilah tersebut menjadi bagian yang paling aman ketika kondisi di luar sana belum benar-benar aman. Karena kita tak pernah tahu kapan culture virtual ini akan berakhir, terlebih PPKM kian minggu diperpanjang.


Maka, sebagai generasi yang hidup di tengah pandemi, kita harus membiasakan diri dengan aktivitas virtual, sehingga aktivitas kita dapat berjalan dengan lancar. Klasik memang, tetapi kita dituntut untuk dinamis dan melek teknologi.


Untuk menunjang kegiatan selama WFH, kamu dapat menggunakan beberapa starter pack (perangkat) berikut ini. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasannya di bawah!


1. Laptop


Pasti sudah tak asing, kan dengan benda yang satu ini. Ya, laptop menjadi bagian penting ketika WFH karena tugas yang diberikan kantor dan semua rapat (meeting) akan terjadi secara virtual. Jika kantor kamu menyediakan laptop untuk bekerja, tentunya tak perlu khawatir. Lain halnya apabila tidak ada fasilitas yang disediakan, maka solusinya adalah dengan menggunakan laptop pribadi.


2. Stand Laptop


Agar produktivitas bekerja lebih meningkat selama WFH, kamu dapat menggunakan laptop stand sebagai penunjang fasilitas saat bekerja. Laptop stand ini sangat berguna agar pandangan mata dengan layar laptop dapat sejajar sehingga dapat meminimalisir sakit di bagian leher. Dikutip dari majalah Forbes, laptop stand dapat mengangkat laptop ke tempat yang nyaman untuk bekerja. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan perangkat lainnya, seperti mouse wireless dan keyboard yang tentu akan menambah produktivitas kamu dalam bekerja.


3. Webcam


Seringkali kita kesal pada saat meeting online kamera laptop tak jernih. Jika dibiarkan, hal ini dapat mempengaruhi mood dan berdampak pada produktivitas kerja kita. Sebagai solusinya, kamu perlu menyiapkan perlatan pendukung video berupa webcam. Dengan menggunakan webcam tambahan, akan meningkatkan kualitas videomu saat meeting online, sehingga kamu terlihat lebih profesional.


4. Ring light


Awalnya, ring light popular di kalangan Youtuber atau Beauty vlogger. Dewasa ini, alat tersebut semakin banyak digunakan oleh masyarakat umum. Ring light hadir sebagai pencahayaan tambahan untuk menunjang beragam aktivitas selama WFH, seperti webinar, meeting online maupun kelas online.

 

5. Earphone


Umumnya, saat di kantor ada teman yang bisa diajak ngobrol di sela-sela jam kerja dan mengerjakan tugas dari atasan agar tidak terlalu tegang. Namun, berbeda dengan WFH, kamu cenderung mudah bosan karena merasa kesepian, tidak ada teman untuk diajak bercerita.


Solusi untuk mengusir rasa bosan saat WFH adalah dengan memutar playlist musik. Kamu bisa membuka aplikasi Resso, Spotify, Jooke maupun Youtube. Agar makin semangat bekerja, maka dengarkan musik dengan bantuan perangkat earphone. Selain digunakan untuk mendengarkan musik earpohone, juga sangat berguna pada saat meeting online berlangsung. Hal ini sangat membantu dalam mengkoordinasikan pekerjaan bersama rekan lainnya.


6. Apk Teleconference


Pada awal WFH digemborkan, kita merasa asing dengan dua aplikasi zoom meeting dan google meet. Namun, seiring berjalanya waktu dan pandemi ini tak kunjung selesai, akhirnya kita dituntut untuk berdaptasi dan menggunakan aplikasi ini. Agar penggunanya tak bosan, kini aplikasi tersebut semakin canggih dengan hadirnya beragam fitur baru. Misalnya pada aplikasi zoom, pengguna dapat menggunakan fitur breakout room untuk mengelompokan beberapa anggota rapat menjadi kelompok kecil. Adapun di aplikasi google meet, pengguna dapat menggunakan fitur raise hand sebagai petunjuk ketika ingin berbicara dan moderator tahu ada peserta yang ingin berbicara.


Itulah barisan Starter pack yang dapat menunjang pekerjaan WFH kamu. Selamat Bekerja.


Penulis: Qorina Lois Fadilla

Editor: Mega

 


TerPopuler

close