Begini Cara Pemulihannya jika WhatsApp Anda Diretas -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Begini Cara Pemulihannya jika WhatsApp Anda Diretas

, 7/01/2021 10:43:00 PM

 

Ilustrasi: Regeneracion.

Vnn.co.id, Teknologi – Terkait masalah nomor WhatsApp yang diretas atau biasa dikenal dengan “hack”, ada trik khusus mengembalikan nomor ke pemilik aslinya. Namun sebelum melangkah lebih jauh, kenali dulu tanda-tandanya apakah nomor Anda sudah diretas atau belum.

Faktanya, korban kerap tak menyadari bahwa nomor WhatsApp-nya telah dihack, dan ia baru tahu setelah orang-orang terdekatnya menemukan kejanggalan pada percakapan dengan nomor WhatsApp si korban. Mulai dari bahasa percakapan, cara memanggil, dan permintaan-permintaan aneh lainnya.

Berikut cara mengetahui peretasan pada nomor WhatsApp yang dirangkum vnn.co.id:

  1. Nomor keluar dari WhatsApp dengan sendirinya. Ketika nomor diretas, maka nomor itu tidak bisa digunakan pada dua ponsel, secara bersamaan akan ada kode OTP yang dikirim ke nomor ponsel yang terdaftar. Apabila hal itu terjadi, maka nomor WhatsApp tersebut kemingkinan telah dikloning orang lain.
  2. Semua pesan ditandai “terbaca”, padahal si empunya belum membuka atau membacanya.
  3. Ada pesan terkirim, padahal tidak merasa mengirimnya.
  4. Dalam keadaan online padahal offline.
  5. Log in perangkat tak dikenal, apabila pengguna menggunakan WhatsApp web.

Kemudian, ketika mengetahui nomor Whatsapp yang diretas pemiliknya harus bergerak cepat, sebab jika tidak maka peretas akan mengambil alih nomornya secara permanen.

Berikut tindakan yang harus dambil ketika nomor whatsApp berhasil diretas:

  1. Pengguna melakukan instalasi ulang pada aplikasi WhatsApp sesegera mungkin.
  2. Log in dengan nomor WhatsApp yang telah diretas tadi dengan kode verifikasi yang dikirim hanya melalui SMS ke nomor asli.
  3. Pengguna akan menerima kode OTP yang dikirim melalui SMS, akan ada tautan yang bisa diklik untuk verifikasi.
  4. Setelah itu, akun WhatsApp kembali kepada pemilik aslinya.

Setelah semuanya kembali, jangan lupa untuk memproteksi nomor Anda dengan Nomor PIN yang tersedia pada tool setting aplikasi WhatsApp.

Caranya dengan memanfaatkan fitur verifikasi dua langkah. Fungsi fitur ini ialah menambahkan lapisan perlindungan dengan mengharuskan pengguna memasukkan PIN enam digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp Anda. Berikut langkahnya:

  • Masuk ke akun WhatsApp Anda
  • Pilih tool Setting/Setelandi titik tiga kanan atas
  • Pilih Account/Akun
  • Two-step Verification/Verifikasi Dua Langkah lalu tekan Enable/Aktifkan
  • Anda akan diarahkan untuk memasukkan 6 digit PIN dua kali dan alamat E-mail untuk konfirmasi apabila suatu saat Anda lupa nomor PIN Anda.

Laporkan kejadian yang menimpa nomor WhatsApp pada bagian keamanan WhatsApp, dengan cara mengirim email ke support@whatsapp.com. Korban wajib menerangkan detail kronologi kejadian yang meliputi keterangan waktu dan kemungkinan akun diretas. Pihak mereka akan membantu memulihkan nomor WhatsApp Anda.

Red: Mega

TerPopuler

close