Space Out Challenge, Kontes Melamun yang Diadakan Setiap Tahun di Korsel -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Space Out Challenge, Kontes Melamun yang Diadakan Setiap Tahun di Korsel

, 6/08/2021 11:33:00 AM

 

Kontes melamun di Korsel: Reportasenews.

Vnn.co.id, Internasional – Siapa sangka perbuatan yang dianggap sia-sia justru menjadi ketertarikan tersendiri bagi sebagian orang. Bahkan dijadikan kontes atau kompetisi di Korea Selatan setiap satu tahun sekali.

Ternyata, kontes yang menantang peserta untuk melamun itu telah diadakan sejak 2014 silam. Kompetisi bertajuk “Space Out Challenge” ini menantang pesertanya melamun tanpa melakukan apa-apa selama 90 menit. Sementara panitia mengecek denyut nadi setiap 15 menit sekali, sehingga pemenang ditentukan berdasarkan denyut nadi paling stabil. Selama kompetisi berlangsung, mereka dilarang tertawa, bahkan akan didiskualifikasi ketika didapati melamun sampai ketiduran.

Kontes unik tersebut dicetuskan oleh seniman visual Woops Yang. Menurutnya, melamun merupakan bentuk penghargaan diri yang sama bernilainya seperti kemewahan materi.

“Kita cenderung makan-makan dan belanja setelah lelah kita terbayar. Kenapa kita tidak meluangkan waktu juga?” ujar Yang sebagaimana dilansir Vice.

Tahun lalu, acara yang dahulu diperdanakan di Seoul itu sempat diselenggarakan secara virtual karena masa pandemi. Peserta diminta mengunggah video melamunnya ke TikTok dengan tagar: tantangan melamun.

Meskipun pada 2021 ini acara dilangsungkan seperti biasa, akan tetapi peserta dibatasi, yang awalnya hingga 80 konter=stan sekarang cukup 30 peserta saja.

Namun kontes yang biasa dibuka di kawasan perkotaan itu, kali ini digelar di alam bebas di Pulau Jeju.

Woops Yang mengaku, dengan melamun maka tubuh seseorang akan menjadi relaks dan dapat menghilangkan stres.

“Aku pernah mengalami sindrom burnout atau kecapekan yang luar biasa hingga stres. Tapi dengan melamun bersama ternyata bisa membantuku untuk menghilangkan stres tersebut,” katanya pada 2017 silam seperti dikutip Faktualnews.

Red: Mega

TerPopuler

close