PPDB Surabaya, Sejumlah Wali Murid Sengaja Manipulasi Alamat -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

PPDB Surabaya, Sejumlah Wali Murid Sengaja Manipulasi Alamat

, 6/27/2021 10:39:00 PM

 

Ilustrasi: Jawapos.

Vnn.co.id, Surabaya – Menjelang diumumkannya hasil Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), terutama jalur zonasi jenjang SMP Negeri Surabaya oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) yang sebelumnya resmi ditutup pada Jumat (25/6/21) lalu, ternyata didapati suatu hal yang tidak wajar.

Sehingga dilakukan klarifikasi terhadap Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang diduga menuliskan jarak tak wajar saat melakukan pendaftaran. Proses klarifikasi tersebut menurunkan tim survei lapangan, yakni ke alamat tempat tinggal CPDB yang nantinya orang tua atau wali murid CPDB akan diundang Dispendik Kota Surabaya untuk bertemu Aparat Penegak Hukum (APH).

Apabila ditemukan kecurangan, atau indikasi kesengajaan mendekatkan titik ke sekolah, maka status penerimaan CPDB digugurkan.

Sebagaimana diketahui, penerimaan jalur zonasi PPDB SMP Negeri minimal 50 persen dari daya tampung sekolah. Sedangkan seleksi CPDB didasarkan pada jarak antara sekolah dan alamat tempat tinggal masing-masing, dan diisi sendiri oleh orang tua atau wali murid CPDB saat validasi.

Akan tetapi, apabila terindikasi melakukan kecurangan dengan mendekatkan titik tempat tinggal dengan SMP Negeri terdekat, maka pendaftar lain dapat melaporkannya.

Sebagaimana disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kabid Sekolah Menengah Dispendik Surabaya Tri Aji Nugroho, puluhan orang tua telah diklarifikasi dan sejumlah orang tua atau wali murid mengakui bahwa mereka sengaja mendekatkan titik ke sekolah tujuan. Sehingga status penerimaan di jalur zonasi digugurkan dan akan dirangking ulang sesuai jumlah CPDB yang gugur.

“Kami buat berita acara yang disaksikan langsung oleh APH, orangtua atau wali murid, serta tim Dispendik Surabaya. Berdasar klarifikasi tersebut wali murid mengakui, maka digugurkan meski statusnya diterima di jalur zonasi,” tutur Aji Nugroho, Sabtu (26/7).

Ia lalu mempersilakan untuk memanfaatkan fitur laporkan pada PPDB zonasi jika menemui ketidakwajaran dalam titik alamat CPDB.

Red: Mega

TerPopuler

close