Pemdes Tanjung Baru Gelar Operasi Yustisi, Pelanggar Prokes di Tes Swab Antigen -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Pemdes Tanjung Baru Gelar Operasi Yustisi, Pelanggar Prokes di Tes Swab Antigen

, 6/29/2021 11:08:00 PM

Operasi Yustisi Pemdes Tanjung Baru (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Guna menekan angka kasus positif Covid-19 dan pentingnya Protokol Kesehatan, berbagai upaya pencegahan serta deteksi penyebarannya terus dilakukan. Hal itu dilakukan oleh Pemerintah Desa Tanjungbaru, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, dengan cara melaksanakan operasi yustisi bersama dengan unsur Satpol PP, Koramil 08 Lemah Abang, Polsek Cikarang Timur, dibantu tenaga kesehatan dari Puskesmas Cipayung.

Operasi yustisi yang digelar di jalan raya Cipayung-Tanjung Baru tepatnya di depan kantor Kepala Desa Tanjung baru tersebut berhasil menjaring sebanyak 72 orang yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan yang tidak menggunakan masker dan kemudian para pelanggar protokol kesahatan tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa tes swab antigen.

Ranta (70), lansia yang terjaring dalam operasi tersebut mengaku dirinya selama ini patuh menggunakan masker. Namun saat terjaring dirinya tidak memakai masker lantaran mengaku hanya keluar tak jauh dari kediamannya.

"Biasanya pakai masker, tapi ini cuma keluar doang sebentar," ujar Ranta, Selasa (29/6/2021).

Dirinya juga menyambut positif langkah Pemdes tersebut, dengan dilakukan tes swab antigen dirinya bisa mengetahui kondisi kesehatannya saat ini.

"Iya bagus, jadi tau kita lagi sakit atau gak, jadi bisa lebih hati-hati takut kena covid," ungkap Ranta saat mengetahui hasil tesnya dinyatakan non reaktif.


Pelanggar Prokes di Swab Antigen (foto : istimewa)


Ditempat yang sama Sekretaris Desa Tanjung Baru, Deden Salahudin mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Satgas penanganan Covid-19 untuk pelaksanaan operasi yustisi, dengan target mampu memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan, serta sekaligus melakukan deteksi dini penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

"Kami berkoordinasi dengan Satpol PP, Koramil, Polsek, dan juga Puskesmas untuk pelaksanaan operasi yustisi ini," jelas Deden.

Ia menjelaskan, dari hasil penjaringan pelanggaran prokes oleh masyarakat dan dilakukan tes swab antigen didapati sebanyak 72 orang, sedangkan 5 orang warga Tanjung Baru serta 2 orang dari luar Wilayah Desa Tanjungbaru yang dinyatakan reaktif.

"Tadi ada 5 orang warga kami, serta 2 lainnya dari luar itu hasilnya dinyatakan reaktif. Kami berkoordinasi langsung untuk penanganan lebih lanjutnya kepada mereka," jelas Deden.

Dari keseluruhan yang dinyatakan reaktif, nantinya akan diserahkan penanganan serta pengawasannya kepada Satgas Covid-19 dari tingkat paling bawah di wilayahnya masing-masing.

Hal tersebut juga disampaikan langsung oleh Kasie PPNS Satpol PP Kabupaten Bekasi, Yuli Harsoyo, Ia juga menegaskan pihaknya terus melakukan upaya pendisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dengan rutin menggelar operasi serupa di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi.

"Dari kegiatan yustisi yang terus rutin kami lakukan, untuk penanganan masyarakat yang hasil tes nya reaktif kami serahkan Satgas Covid-19 setempat, untuk dilakukan isoma, juga tracing dan traking," ujar Yuli saat dikonfirmasi terkait operasi tersebut.




Rep : Ahim
Red : Ramdhan

TerPopuler

close