Komandan KOREM 062/Tarumanagara Tebar Ikan di Situ Cianjing. -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Komandan KOREM 062/Tarumanagara Tebar Ikan di Situ Cianjing.

, 6/18/2021 11:22:00 PM

Danrem 062/Tarumanagara tebar ikan bersama Dansektor 1 Satgas Citarum Harum

Vnn.co.id, Kabupaten Bandung - Pangdam III/Siliwangi yang diwakili Danrem 062/Tarumanagara Kolonel Inf Muhamad Muchidin, S.Sos dengan didampingi Wakapendam III/Siliwangi Letkol Inf Ade Hansen, Waaster Kasdam Letkol Inf M Mujahidin, Pabandya Komsos Ster Kodam III/Siliwangi Letkol Inf Himawan dan Danramil Kertasari Kapten Chb Subardi.

Turut serta Kepala Desa Cibeureum, Epi Nurtaufik melakukan penaburan bibit dan ikan di Situ Cianjing. Bibit dan ikan ini diambil dari Situ Cisanti yang masuk di wilayah Sektor 1 Satgas Citarum Harum yang berada dibawah Komando Kolonel Kav Purwadi Jum'at (18/06/2021).

Pada Kesempatan tersebut, Kolonel Inf Muhamad Muchidin, S.Sos kepada para awak media yang hadir mengatakan,

"Kita hari ini melaksanakan kegiatan penebaran. Bukan hanya benih, tetapi penebaran ikan yang asalnya dari Situ Cisanti, yang awal mulanya adalah program Citarum Harum. Dirasa Situ Cisanti sudah cukup memadai, ditaburi ikan 3 ton waktu itu bibit ikan, kemudian setelah 6 bulan, kemudian perkembangan pertumbuhannya cukup bagus, sehingga ikan di sana sudah sampai kurang lebih 7 ton" Terang Danrem.

Pada kegiatan ini, lanjut Danrem, ikan diambil sekitar 1 1/2 ton 750 kg ditebar di Pangauban, 1 1/2 ton ditebar di Situ Cianjing. Harapan kita dengan disebarnya ikan dan benih ikan dari Situ Cisanti, dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar termasuk yang berada di hulu-hulu sungai Citarum.

Kemudian harapan kami kedepan, bahwa dalam pemeliharaan Daerah Aliran Sungai (DAS) maupun daerah seperti ini (sambil menunjuk Situ Cianjing) penampungan air Situ Cianjing ini kondisinya harus sama-sama kita pelihara.

"Bukan hanya dari pemerintah saja, termasuk dari masyarakat salah satunya kesadaran masyarakat untuk tidak menebang pohon sembarangan, terutama di sumber-sumber mata air. Yang ke dua, mau menanami lahannya dengan pohon pohon yang dapat menahan erosi tanah. Kalau kita lihat sekarang ini dari mulai badan Situ, pinggir pinggir sungai, maupun lahan banyak tergerus oleh air terutama pada saat hujan. Sehingga kerugian masyarakat, akan  kehilangan potensi tanahnya", Ungkap Danrem.

Kalau bisa, tambah Danrem, ditanam pohon pohon yang bisa menahan tanah.  Sehingga, kedepannya tidak ada lagi nanti cerita kekurangan air dan tidak ada lagi cerita kebanjiran.

Mudah-mudahan kita menanam pohon dilahan masing-masing maupun disektor umum, khususnya di Sumber Daya Alam yang sudah di siapkan, Situ Cianjing ini bisa kembali seperti semula. Karena saat ini sudah banyak menyusut dan juga terjadi pendangkalan.

"Ini kesadaran masyarakat juga untuk mengembalikan fungsi daerah penampungan air ini. Harapan ke depan, ikan yang ditanam ini, masyarakat tidak hanya mengambil manfaatnya saja, tetapi juga ikut memelihara. Terkait kategori ikan dan berapa banyak ikan yang bisa diambil, itu harus diatur. Bukan tidak boleh, tapi tetap dibatasi. Sehingga kelangsungan ikan ini tidak hanya sesaat, tetapi akan dapat dinikmati juga oleh anak cucu kita. Mudah-mudahan ikan disini berkembang biak, sehingga bisa ditularkan oleh masyarakat dengan menanam sendiri, atau ketempat tempat yang lain" Pungkasnya.

Sementara itu masih di lokasi yang sama, Kolonel Kav Purwadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danrem yang telah hadir mewakili Panglima. Hal ini seperti yang disampaikan Dansektor saat menjelaskan kepada media terkait kegiatan yang sedang dilakukan

"Terima kasih kepada Danrem selaku wakil Panglima, hari ini menebar benih dan ikan dari Situ Cisanti. Ini sebagai tindak lanjut, pada saat kami melakukan pengecekan kondisi air di Situ Cisanti. PH nya sudah tidak bagus dan tidak layak untuk diminum oleh masyarakat. Selain itu, masyarakat juga mengadu air di Situ Cisanti sudah berbau amis. Sehingga, kami melaporkan kepada Panglima dan juga Bupati untuk tindak lanjut" Terang Dansektor.

Sebenarnya, lanjut Dansektor, target kami ikan yang akan diangkat 2 ton. Namun berhubung cuaca kemarin kurang baik, sehingga ikan yang berhasil diangkat 1 1/2 ton. Nanti, selanjutnya kami akan tindak lanjuti. 

"Saya minta kepada masyarakat, supaya dimanfaatkan ikan ini sebaik-baiknya. Selain itu juga dipelihara, sehingga dapat di kembangbiakkan dengan baik seperti yang di Situ Cisanti. Itu saja proses panjang yang kami lakukan untuk pembenahan di Situ Cianjing. Sekitar sebulan lalu pada saat bulan puasa, masih banyak ganggang dan gulma. Sekarang sudah bersih, tolong dijaga. Saya juga minta kepada PSDA, yang juga berkepentingan disini, juga ikut merawat bersama masyarakat" Harap Kolonel Kav Purwadi.

Source: 60menit.com/T.Pro) 


TerPopuler

close