Gagas Menu Kuliner Masa Depan, Chef Asal Prancis Ini Sajikan Hidangan Berbahan Dasar Ulat dan Serangga -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Gagas Menu Kuliner Masa Depan, Chef Asal Prancis Ini Sajikan Hidangan Berbahan Dasar Ulat dan Serangga

, 6/04/2021 08:42:00 PM

 

Chef asal Prancis Laurent Veyet dan hidangan berbahan dasar serangga yang dihidangkannya: Reuters.

Vnn.co.id, Internasional – Hidangan berbahan dasar serangga digagas chef asal Prancis Laurent Veyet sebagai menu masa depan.

Salah satu serangga yang dipilih sebagai bahan dasar ialah mealworm atau yang disebut ulat Hong Kong. Hal tersebut setelah adanya izin dari Badan Keselamatan Makanan Eropa atau The European Food Safety Agency (EFSA) pada Januari 2021 lalu.

Selain ulat, beberapa serangga tampak menghias di atas sajian salad udangnya, yakni jangkrik dan belalang.

Seperti dikutip Reuters, Laurent Veyet mengakui bahwa tidak banyak yang mengatakan tidak menyukai hidangan tersebut. Ia juga menunjukkan sebuah sajian yang ideal dicoba untuk pemula, yakni pasta yang berkomposisi tepung ulat, ubi, dan serangga yang ditumis.

Koki di restoran Prancis itu pun menjelaskan tantangan dalam menyajikan menu tersebut, yaitu menggaet opini publik dan belajar mencocokkan rasa serangga dengan masakan lain.

“Anda harus menemukan rasa yang tepat, pendamping yang tepat. Semua itu menarik, koki mana pun akan memberi tahu Anda hal yang sama,” tutur Veyet.

Ia membudidayakan langsung ulat Hong Kong di restoran tersebut dengan memberi makan bubur gandum dan sayuran.

Sebelumnya, EFSA menerbitkan pendapat ilmiah tentang keamanan ulat Hong Kong dan setuju dimakan manusia pada Januari 2021 lalu. Baik dimakan utuh, dikeringkan, maupun dijadikan bubuk, ulat tersebut dianggap sebagai kudapan kaya protein dan diperbolehkan menjadi campuran makanan lain.

Hal ini setelah para ahli kimia dan ilmuwan menemukan bahwa ulat Hong Kong selain rendah lemak juga kaya akan protein dan serat. Badan Uni Eropa pun mengkategorikannya sebagai makanan unik yang mulai diberlakukan sejak 2018.

Padahal sejak lama seluruh dunia, seperti Afrika, Australia, Selandia Baru, China, dan Asia Tenggara mengenal ulat ini sebagai hidangan penuh gizi dan protein serta dinilai paling lezat.

Di Australia dan Selandia Baru, ulat biasa menjadi isian burger dan kudapan yang maknyus.

Red: Mega

TerPopuler

close